Sebanyak 47% Anak Merasa Bosan di Rumah, Berikut Cara Mengatasinya
Sebanyak 47% Anak Merasa Bosan di Rumah, Berikut Cara Mengatasinya
November 26, 2020
4 Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Selama PJJ
4 Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Selama PJJ
December 22, 2020

3 Alasan Kenapa Guru PAUD Harus Menjadi Prioritas dalam Menciptakan Pendidikan Maju Indonesia

3 Alasan Kenapa Guru PAUD Harus Menjadi Prioritas dalam Menciptakan Pendidikan Maju Indonesia

Mari kita coba lihat negara-negara dengan pendidikan terbaik di dunia, misalnya Finlandia serta Jepang. Kedua negara ini sudah terbukti berhasil menjawab tantangan-tantangan besar pendidikan dari tahun ke tahun. Kehebatan mereka tidak datang tiba-tiba, karena proses pembentukan pendidikan yang hebat itu sudah dilalukan dari dulu, sekitar 40 tahun lalu. Jadi prosesnya bertahap, tidak instan.

Sosiolog dan Pengajar Vokasi Universitas Indonesia ( UI), Devie Rahmawati dalam Rapat Dengar Pendapat Umum Panja Peta Jalan Pendidikan bersama Komisi X DPR, Kamis (12/11/2020) juga mengutarakan, “Melalui legislatif, mereka bersepakat untuk memajukan bangsa melalui bidang sumber daya manusia (SDM) yang dituangkan dalam peta jalan pendidikan dengan fokus memperbaiki mutu guru.”

Indonesia harus belajar dari negara-negara yang berhasil tersebut. Dan langkah awal meningkatkan kualitas pendidikan menurut Devie dapat dimulai dari meningkatkan mutu dari yang paling dasar, yaitu meningkatkan mutu guru dari level rendah dalam hal ini adalah PAUD.

Alasan dan Pentingnya Meningkatkan Kualitas Guru PAUD Agar Pendidikan Indonesia Maju

Pendidikan dimulai dari yang paling dasar, yakni PAUD atau TK. Lalu dilanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu SD, lalu SMP, SMA hingga ke perguruan tinggi. Menurut kalian, bagian mana yang paling penting dalam proses menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di indonesia?

Mungkin ada yang berpikir SMA memegang prioritas penting, karena di tahap tersebut banyak pelajaran penting yang kita dapat, atau mungkin perguruan tinggi? Tapi tidak semua orang melanjutkan ke jenjang tersebut. Namun bagaimana jika Guru PAUD menjadi prioritas dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Apakah tidak salah? Guru PAUD bukannya isinya hanya nyanyi-nyanyi, menggambar, dan menghitung? Supaya tidak bingung, mari kita lihat berbagai alasan serta pentingnya Guru PAUD dalam pembentukan SDM Indonesia melalui pendidikan.

 

 

1.Cara Terbaik Mengatasi Pendidikan di Indonesia Adalah dimulai dari yang Paling Dasar

 

Agar penyebarannya merata, maka dimulai dari yang paling dasar, yakni dari PAUD. Banyak yang menyepelekan bagian pendidikan ini, padahal di tahap ini banyak sekali hal penting terjadi.

Selain itu, menjadi guru PAUD atau TK tidaklah segampang seperti kelihatannya.

 

Karena kalau kita tidak bisa memberikan stimulus yang sesuai dengan perkembangannya, pertumbuhan anak di kemudian hari pun bisa mengalami gangguan.

Kelihatannya memang kecil, tapi di sini lah pondasi untuk anak kedepannya dibentuk.

 

 

2.PAUD Mengajarkan Pendidikan Karakter Anak, dan Itu Sangatlah Penting Sebagai Pondasi Kita

 

Di tahap ini karakter anak mulai dibentuk, dengan karakter atau soft skill, sumber daya Indonesia diyakini dapat mempu bersaing dan diterima industri. Tapi kenapa harus karakter? Kenapa tidak ilmu pengetahuan saja yang menjadi patokan?

Riset yang dilakuka oleh UI dengan responden 50 CEO yang diwawancarai pada 2018 dan 2019 mengenai perilaku tenaga kerja muda di mata profesional, menghasilkan fakta, tingkat kreativitas tenaga kerja muda memang sangat baik. Tapi sayangnya hal tersebut tidak sejalan dengan perilaku mereka saat ada di lingkungan kerja.

Untuk itulah peran pendidikan sejak dini sangat penting untuk kualitas SDM kita. Jadi pemerintah harus mulai fokus pada pendidikan sejak dini sebelum fokus ke pendidikan lain.

 

 

3.Pendidikan Anak Menjadi Penentu Bagaimana Mereka Dewasa Kelak

 

Ketika anak berada di lingkungan yang baik, maka ketika dewasa nanti dia akan menjadi baik. Ketika saat anak tumbuh di lingkungan baik tapi ketika dewasa dia hidup di lingkungan yang tidak baik, meskipun dia menjadi sosok yang tidak baik, tapi tetap ada sisi baik yang ia miliki.

Kira-kira analoginya seperti itu.

 

Pendidikan penting untuk anak. Khususnya untuk karakter mereka. Jadi kalau mau memajukan pendidikan, mulailah dari masa anak-anak.

 

Sumber:

https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/15/080201071/agar-pendidikan-maju-kualitas-guru-paud-jadi-prioritas?page=all#page2

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?