Inilah 4 Manfaat Online Learning untuk Anak
Inilah 4 Manfaat Online Learning untuk Anak
August 10, 2020
Mengenal Apa Pengertian Konsep Pembelajaran
Mengenal Apa Pengertian Konsep Pembelajaran
August 12, 2020

4 Tips Aman Berinternet untuk Anak Anda

4 Tips Aman Berinternet untuk Anak Anda

Internet adalah pedang bermata dua, dia bisa memberikan keuntungan dan kerugian bila cara penggunaannya tidak tepat. Sebagai orang dewasa, kita pastinya sudah tahu ada hal-hal berbahaya ‘apa saja’ yang ada di internet. Tapi bagaimana dengan anak kita? Apalagi sekarang banyak menerapkan sekolah online sehingga anak anda pasti selalu berhubungan dengan internet.

Untuk itu, berikut adalah tips aman berinternet yang perlu para orang tua ketahui untuk menjaga anak Anda dari hal-hal berbahaya itu.

 

Tips Aman Berinternet yang Perlu Para Orang Tua Tahu

 

Tips 1: Periksa Pengaturan Akun HP Anak Anda

 

Apa yang kita periksa dari pengaturan akun ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan siapa saja yang dapat melihat postingan, apa saja yang disebarkan anak pada akun (data diri apa saja), dengan tujuan supaya si anak tidak menyebarkan identitas-identitas pribadi yang penting seperti alamat rumah dan nomor telefon.

 

Selain itu, untuk menjaga keamanan akun, beritahu anak untuk membuat kata sandi yang tidak mudah dibobol. Bila lupa kata sandinya apa, tinggal ditulis di buku.

Email telepon juga jangan sampai mudah disebar, supaya akun si anak tidak mudah dibobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Tips 2: Memberitahu Anak Anda untuk Tidak Gampang Membagikan Berita Tanpa Sumber Tidak Jelas

 

Di usia kita yang masih belia dulu, kita lebih mudah percaya dengan berita-berita yang sumbernya saja belum jelas. Membedakan mana berita bohong dan berita yang jujur sendiri memang sangat sulit. Anda dapat menyuruh si anak menghapal situs-situs berita terpercaya seperti Kompas, CNN, Merdeka, Tempo, JawaPos dalam membedakan berita bohong dan benar. Dengan melihat sumbernya dulu, kita bisa meminimalisir penyebaran-penyebaran berita yang belum tentu terbukti kebenarannya.

 

Anak-anak memiliki rasa penasaran yang lebih tinggi dan cenderung terburu-buru ketika baru memperoleh suatu berita. Sebagai orang tua, kita harus membatasi sang anak supaya tidak langsung menyebar berita tanpa tahu kebenarannya.

 

Tips 3: Tanamkan Kebiasaan Pada Si Anak untuk Berpikir dulu Sebelum Mengklik Sesuatu

 

Tips aman berinternet lainnya ini cukup sulit, karena kita kembali ke kepribadian si anak. Meminta mereka berpikir sebelum menekan sesuatu di internet ini bisa berupa berpikir sebelum menerima permintaan pertemanan, berpikir sebelum mencari sesuatu di internet, berpikir sebelum berkomentar, berpikir sebelum menekan tombol like, berpikir sebelum mengunduh sesuatu dan masih banyak lagi.

 

Anda bisa mengeceknya ketika si anak tak memegang HP. Cara memeriksanya dengan melihat riwayat pencarian, daftar pertemanan, aplikasi yang terunduh, gambar, video dan aplikasi chatting mereka. Jangan menjadi orang tua yang buta teknologi, jangan pernah lelah memandu anak-anak, karena internet adalah pedang bermata dua.

Dan yang paling penting, pastikan anak Anda tidak mengunduh VPN.

 

Tips 4: Terus Ingatkan Anak untuk Berperilaku Baik Mau Itu di Dunia Maya atau Dunia Nyata

 

Hal ini berkaitan dengan komentar. Anak-anak sulit berpikir panjang sebelum mengetik, mereka belum mampu berpikir bagaimana perasaan orang lain jika kita mengatakan komentar-komentar menyakitkan di internet.

 

Coba tunjukkan point of view dengan menganalogikan anak Anda sendiri. Bagaimana jadinya jika anak Anda yang menerima perlakuan buruk itu, bullyan itu, dan kata-kata kasar itu.

 

Banyak anak-anak prinsipnya cuma ‘ikut-ikut’, ketika idolanya mengatakan nama binatang, dia ikut mengatakan nama binatang kepada orang lain. Padahal itu kata-kata kasar.

Selain itu, tips aman berinternet lainnya juga bisa menganalogikan internet sebagai panggung. Semua orang melihat kita, jadi tunjukkan perilaku yang baik, tujuannya bukan untuk memperoleh image baik, tapi tujuannya supaya kita tidak menyakiti penonton lewat perilaku tidak baik kita.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?