Inilah Fakta Teori Darwin
Inilah Fakta Teori Darwin
January 24, 2021
5 Hal Penting Dalam Program Kesehatan Sekolah
5 Hal Penting Dalam Program Kesehatan Sekolah
January 30, 2021

5 Faktor Pentingnya Belajar Interaktif Saat Pandemi

5-Faktor-Pentingnya-Belajar-Interaktif-Saat-Pandemi

Pembelajaran itu merupakan sebuah proses interaksi belajar serta juga mengajar yang diketahui bersifat dinamis. Interaksi tersebut akan berlangsung antara para siswa dengan gurunya, antar sesama siswa serta dengan media untuk sumber belajar.

Pengertian interaktif menurut pemaparan para ahli yaitu berasal dari sebuah kata interaksi. Hal untuk saling melakukan sebah aksi, berhubungan dan mempengaruhi serta juga antar hubungan. Interaksi ini terjadi karena adanya sebuah hubungan dari sebab akibat, yaitu adanya sebuah aksi dan reaksi.

Sedangkan untuk strategi belajar teraktif yaitu sebuah cara ataupun teknik untuk pembelajaran yang biasa digunakan guru di saat menyajikan sebuah bahan pelajaran. Posisi guru disini sebagai pemeran utama dalam hal menciptakan sebuah situasi interaktif yang sangat edukatif.

Media interaktif itu biasanya juga mengacu di produk serta layanan digital yang pada sebuah sistem yang berbasis computer. Hal ini yang akan merespon sebuah tindakan pengguna dengan cara menyajikan sebuah konten. Seperti halnya teks, gambar yang bergerak, animasi dan video, audio, serta juga video game

Multimedia interaktif merupakan sebuah pemanfaatan dari komputer untuk bisa membuat serta juga menggabungkan akan teks, gambar, suara, dan video, serta animasi. Hal ini dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai perangkat tertentu. Hal ini bisa memungkinkan Anda untuk bisa melakukan sebuah navigasi, berinteraksi serta juga berkomunikasi.

Strategi belajar interaktif merupakan sebuah cara ataupun teknik pembelajaran yang biasa digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran.

Secara umum untuk manfaat yang bisa diperoleh merupakan sebuah proses pembelajaran yang sangat lebih menarik. Terlihat lebih interaktif, jumlah waktu untuk mengajar bisa dikurangi dan kualitas belajar para siswa juga bisa ditingkatkan. Proses belajar mengajar ini juga dilakukan dimana serta kapan pun, dan sikap belajar para siswa bisa ditingkatkan.

Kemandirian untuk belajar mempunyai banyak sekali manfaat. Manfaat tersebut yaitu dengan cara memupuk rasa tanggung jawab dan meningkatkan keterampilan. Bisa juga dengan cara memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta berpikir kreatif. Mampu untuk berpikir kritis, memupuk rasa percaya diri yang sangat kuat, serta menjadi seorang guru bagi dirinya sendiri.

Di masa pandemi sekarang ini dimana para siswa belajar langsung dari rumah, belajar interaktif itu sangatlah penting. Berikut ini ada 5 alasan mengapa untuk belajar secara interaktif itu berperan sangat penting dalam hal mencapai sebuah hasil belajar siswa yang secara optimal.

5 Keuntungan dalam Belajar Interaktif

  • Motivasi Belajar

Siswa itu akan semakin termotivasi belajar dalam berbagai suasana yang sangat menyenangkan. Salah satu dari faktor pendukung untuk suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan itu yaitu model belajar yang interaktif.

  • Hasil Belajar

Untuk model belajar secara interaktif ini pasri akan meningkatkan sebuah motivasi belajar yang sangat kuat pada para siswa.  Motivasi yang sangat kuat pasti akan mendorong para siswanya untuk meraih sebuah hasil belajar secara sangat optimal.

  • Bertanya dan Menjawab Pertanyaan

Untuk berbagai macam keaktifan para siswa ketika sedang belajar tercermin dalam sebuah interaksi selama masa pembelajaran. Siswa akan terlibat secara sangat aktif bertanya ataupun menjawab berbagai pertanyaan.

  • Berlatih Belajar Mandiri

Pembelajaran secara interaktif ini akan mendorong para siswa dalam sebuah teknik belajar mandiri. Hal ini untuk memperoleh berbagai pengetahuan melalui berbagai kegiatan belajar itu secara pribadi.

  • Pengembangan Kepribadian dan Sikap

Belajar interaktif ini akan sangat melibatkan para siswa untuk bisa berkomunikasi sosial. Dalam hal komunikasi itu memerlukan sikap serta juga kepribadian yang baik. Melalui adanya pembelajaran interaktif ini akan menumbuhkan sebuah sikap sopan serta juga santun dan etika yang sangat baik dalam hal berkomunikasi.

Konsep Pembelajaran Mandiri Interaktif

  • Mengetahui akan sebuah konsep belajar mandiri secara aktif
  • Mengetahui kepada siapa serta juga dari mana bisa atau harus memperoleh berbagai bantuan atau dukungan.
  • Mengambil Tindakan.
  • Mengajukan pertanyaan.
  • Membuat Pilihan.
  • Membangun akan kesadaran diri.

Inilah 5 faktor pentingnya belajar interkatif saat pandemi yang bisa Anda ketahui.  Dalam kondisi seperti sekarang ini pembelajaran interkatif itu memang sangat diperlukan untuk bisa tetap menimba ilmu dengan baik.

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?