5 Tips menyiapkan dana sekolah
5 Tips Untuk Menyiapkan Dana Sekolah Untuk Anak
March 3, 2021
Quota Internet
Akhirnya Subsidi Quota Internet Dibuka Oleh Pemerintah
March 16, 2021

5 Hal Menarik Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar Online

Mengatasi Kejenuhan

Pandemi Covid-19 mau tidak mau membuat semua kegiatan dikerjakan secara online terutama sekolah. Hal ini membuat siswa dan guru harus stay at home guna mengurangi risiko penularan. Sayangnya, kegiatan belajar online ini seringkali membuat siswa jenuh dan bosan. Tidak adanya interaksi secara langsung membuat mood belajar turun drastis.

Cara Mengatasi Kejenuhan belajar daring

Kejenuhan menghadapi belajar online tidak hanya mengganggu siswa namun juga para orang tua. Oleh sebab itu, mau tidak mau para orang tua harus membantu anak agar tidak merasa jenuh belajar daring. Untuk mengatasi masalah tersebut berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

1. Menciptakan suasana serta tempat belajar nyaman

Masalah tempat sering kali menjadi masalah utama bagi anak. Jika tempat belajar tidak mendukung kegiatan belajar mengajar maka tentu saja anak akan cepat jenuh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat tempat belajar yang nyaman bagi anak khususnya bagi mereka yang masih duduk di taman kanak-kanak.

2. Buat waktu belajar yang fleksibel

Salah satu kelebihan belajar daring adalah waktunya yang fleksibel. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kejenuhan selama belajar di rumah maka para orang tua dan anak bisa membuat jadwal belajar yang lebih fleksibel. Namun, perlu diingat jika untuk membuat jadwal semacam ini perlu diperhatikan juga usia anak.

Semakin kecil usia anak maka mereka akan lebih membutuhkan pendampingan. Karena itu, pastikan orang tua juga bisa meluangkan waktunya. Sementara bagi anak yang sudah lebih besar atau remaja maka orang tua bisa lebih fleksibel mengatur waktu. Namun, orang tua juga perlu memastikan jika anak disiplin dalam melakukan tugasnya.

3. Rutin menjalin komunikasi dengan anak

Rasa bosan dan jenuh bisa menjadi beban sendiri bagi anak. Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius karena psikologis anak bisa terganggu. Oleh sebab itu, pastikan orang tua untuk selalu berkomunikasi dengan anak. Baik untuk membahas soal belajar di rumah ataupun hal-hal lainnya seperti hobi, aktivitas sehari-hari dan sebagainya.

4. Istirahat cukup

Setelah meluangkan waktu untuk belajar, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Dengan begitu maka kesehatan anak tidak terganggu terutama ketika mereka sedang stres atau memiliki banyak tugas. Sebagai orang tua, pastikan anak mendapat tidur yang cukup dan tidur tepat waktu selama periode belajar di rumah.

5. Jaga komunikasi dengan teman-teman sekolah

Hal yang paling dirindukan dari sekolah tatap muka adalah bisa bertemu dengan teman-teman sebaya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk tetap menjaga komunikasi dengan mereka. Setidaknya dalam beberapa hari sekali biarkan anak untuk berbicara dengan teman-temannya selama beberapa jam. Hal ini akan membantu mereka mengatasi rasa jenuh, bosan, bahkan stres.

Selain dengan teman sekolah, orang tua juga perlu menjalin komunikasi dengan pihak sekolah selama stay at home. Dengan begitu, perkembangan belajar anak bisa dipantau. Beberapa sekolah yang benar-benar berkualitas seperti Global Kids School (GKS) memiliki staf yang sangat membantu. Bahkan orang tua bisa mengakses informasi melalui situs resminya yaitu gks.sch.id.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?