Tips WFH Untuk Ibu Agar Pekerjaan Kantor dan Rumah Tetap Seimbang
5 Tips WFH Untuk Ibu Agar Pekerjaan Kantor dan Rumah Tetap Seimbang
June 29, 2021
Manfaat Pengembangan Kurikulum
Ragam manfaat pengembangan kurikulum Untuk Kebutuhan Satuan Belajar
July 3, 2021

5 Samudra di Dunia, Ada Dimana Sajakah? Caritahu Disini

5 Samudra di Dunia

Beberapa dari kita pasti tahu jika samudra di dunia hanya terdapat empat saja yakni Antlantik, Pasifik, Hindia serta Lautan Arktik. Tetapi baru-baru ini samudra yang kelima akhirnya diakui secara internasional. Tentunya itu berdasarkan dengan keputusan dari National Geographic Society. Ini jelas menjadi salah satu berita cukup menarik buat disimak.

Samudra sendiri merupakan bentangan air asin dimana menutupi cekungan yang sangat luas. Dari 5 Samudra di dunia itulah ternyata menghubungkan benua-benua dimana dihuni oleh manusia. Adapun didalam perairan tersebut ternyata di huni oleh berbagai macam spesies ikan laut dimana mungkin tidak akan ditemukan di lautan biasa.

Daftar 5 Samudra di Dunia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pada awalnya memang terdapat 4 samudra dunia saja, tetapi dengan munculnya Southern Ocean atau Samudra Selatan di sekitaran antartika menjadikan jumlah samudra ada 5. Untuk lebih jelasnya mengenai apa sajakah benua-benua tersebut, langsung saja simak penjelasannya berikut.

Samudra Selatan

Adapun samudra ini sendiri berlokasi di sekitar antartika. Ini merupakan perairan dingin di selatan benua es antartika dimana sudah terpisah dengan kawasan tersebut selama 100 tahun. Adapun kawasan itupun ternyata sudah banyak dimanfaatkan oleh para ilmuan hingga pada akhirnya memperoleh pengakuan.

Dengan adanya penambahan samudra baru di peta bumi akan memberikan dampak cukup besar terutama dalam dunia pendidikan. Adapun penentuan dari lautan baru tersebut tidak berdasarkan benua yang mengelilinginya tetapi oleh Antarctic circumpolar current atau arus laut Antartika dimana mengalir dari barat ke timur.

Samudra Atlantik

Samudra dunia berikutnya adalah samudra Atlantik dimana menjadi samudra terbesar ke dua di dunia yang meliputi 1/5 permukaan bumi. Keberadaan lautan ini terbentang luas dari utara hingga selatan bumi dimana posisinya berada di antara benua Amerika, Eropa serta Afrika.
Baca Juga : Ini loh 5 Fakta Unik Benua Antartika

dengan luas mencapai 106,5 juta kilometer persegi, tidak heran jika keberadaan samudra inipun ternyata sangat luas dan besar. Bahkan bisa dibilang jika belum ada seorang pun berhasil mengelilinginya.

Pasifik

Ini merupakan wilayah perairan terluas di dunia dimana wilayahnya mencakup sepertiga dari luas permukaan bumi sendiri. Adapun total luasnya lebih besar dibandingkan perairan Atlantik yakni 165,2 juta kilometer persegi.

Adapun panjangnya mencapai sekitar 15,500 km. Cakupan bentangan luasnya dari laut Bering di kawasan Arktik hingga perbatasannya berada di es di Laut Ross di Antartika pada bagian selatannya.

Hindia

Samudra Hindia ini sendiri masuk ke dalam kumpulan air terbesar ketiga di dunia. Dimana keberadaannya sudah diketahui oleh hampir setiap masyarakat. Sebab luasnya juga meliputi sekitar 20% dari total permukaan air bumi.

Ini juga menjadi salah satu lautan dimana memberikan pengaruh cukup besar terhadap ekosistem di planet ini. Masuk ke dalam 5 Samudra di dunia, lautan Hindia berada di India, Asia Tenggara, Asia Barat, Afrika Timur, Afrika Selatan, Timur Laut Afrika serta Australia.

Lautan Arktik

Terakhir terdapat lautan arktik dimana berlokasi di belahan bumi utama yang sebagian besar wilayahnya berada di Kutub Utara. Ini merupakan samudra paling kecil serta dangkal dibandingkan dengan 4 samudra yang lainnya. Adapun luas kawasannya hanya 14,06 juta kilometer persegi.

Samudra merupakan perairan cukup luas di dunia dimana mendominasi wilayah di bumi serta mempunyai peranan cukup penting terhadap ekosistem makhluk hidup di bumi. Demikian daftar Samudra di dunia yang wajib diketahui.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?