manfaat buah kurma untuk kesehatan
Menjelaskan Berbagai Kelebihan Akan Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan
May 16, 2021
Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap 1
Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap
May 28, 2021

5 Tips Membangun Perilaku dan Karakter Positif Pada Anak Sejak Dini

5 Tips Membangun Perilaku dan Karakter Positif Pada Anak Sejak Dini

Sebagai orang tua, Anda pastinya menginginkan anak dengan karakter positif di dalam dirinya. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan peran orang tua yang besar dalam mendidik anak. Apabila orang tua selalu memberikan contoh baik dan nilai positif kepada anak, maka anak juga akan memiliki karakter yang baik juga.

Pada saat Anak memasuki usia taman kanak-kanak atau playgroup, kemampuan berpikir anak sudah bertambah. Di usia tersebut, anak akan mulai sering bertanya dan ingin tahu pada berbagai macam hal. Pada usia inilah waktu yang tepat untuk mulai membentuk karakter anak yang baik. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan dalam membangun karakter yang baik pada anak.

Tips Membentuk Karakter Positif Pada Anak

Jelaskan Tentang Karakter yang Baik

Tips Membentuk Karakter Positif Pada Anak

Anak yang sudah memasuki usia taman kanak-kanak umumnya sudah dapat diberikan penjelasan dan memiliki komunikasi yang sudah baik. Jadi, di usia ini Anda sebagai orang tua sudah dapat mulai menjelaskan apa dan pentingnya berbuat baik. Anda dapat ajarkan hal-hal sederhana seperti berterima kasih, tersenyum, ataupun tidak boleh mengambil barang yang bukan milik kita.
Baca Juga : 5 Hal Menarik Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar Online

Dalam mengajarkan hal tersebut, Anda harus memberi juga penjelasan yang dapat diterima dengan mudah oleh si anak. Jangan sampai anak merasa melakukan kebaikan tersebut dengan terpaksa.

Ajarkan Hal Baik Terus Menerus

3 Masalah Orangtua Saat Mendampingi Anak BDR dan Cara Mengatasinya

Memberikan contoh adalah salah satu cara pengajaran yang baik kepada anak kecil. Dalam hal ini, Anda dapat mengajarkan bagaimana berperilaku baik dengan mempraktekkannya secara langsung. Anda dapat berikan contoh untuk berterima kasih kepada orang ketika mendapat sesuatu, meminta tolong jika ingin mendapatkan bantuan, dan juga berkata maaf saat melakukan kesalahan.

Anda juga dapat membiasakan diri untuk berterimakasih saat anak mau mengerjakan perintah yang Anda berikan. Dengan begitu, si Anak akan mulai terbiasa juga melakukan hal yang sama saat Ia ditolong oleh orang lain. Dengan membiasakan memberikan contoh perilaku yang baik, anak juga akan terbiasa untuk melakukan hal baik juga.

Lakukan Koreksi

Terapkan 5 Cara Ini Agar Belajar di Rumah Efektif

Membangun karakter pada anak memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang anak masih sering melakukan kesalahan pada saat berperilaku. Meski begitu, hindarilah untuk memarahi anak saat berbuat salah. Akan lebih baik jika Anda menunjukkan perilaku yang benar kepada anak. Dengan begitu, anak memperbaiki kesalahannya tanpa merasa disalahkan oleh orang tua.

Ajak Anak Diskusi Tentang Perilaku Baik

Cara Menghadapi Anak yang Cuek

Tips berikutnya, Anda juga dapat mengajak anak untuk berdiskusi tentang kejadian di sekitar. Misalkan saja pada saat ada teman anak yang saling berebut mainan sampai ada yang menangis. Di situlah Anda dapat mulai untuk minta pendapat anak tentang kejadian tersebut. Hal seperti ini dapat mengasah pikiran dan kepekaan anak tentang apa yang terjadi di sekitarnya.

Pentingnya Peringatan dan Pengulangan

stimulasi anak1

Dalam membentuk karakter yang positif pada anak diperlukan sifat telaten dan sabar. Hal itu karena agar anak berperilaku positif tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Anda harus secara terus menerus menjelaskan dan memberikan contoh tentang bagaimana berperilaku baik kepada anak Anda. Kegiatan pembentukan karakter anak ini dapat berlangsung sampai anak mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Itulah tadi beberapa tips untuk membentuk karakter positif pada anak Anda. Kunci keberhasilan dalam mendidik karakter pada anak ini adalah konsisten. Anda harus selalu konsisten memberikan contoh baik kepada anak agar si anak paham dan mengerti betul tentang bagaimana cara berperilaku yang baik.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?