8 tempat terdalam di dunia
8 Tempat Terdalam di Dunia, Apa Aja Ya?
February 28, 2021
Mengatasi Kejenuhan
5 Hal Menarik Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar Online
March 15, 2021

5 Tips Untuk Menyiapkan Dana Sekolah Untuk Anak

5 Tips menyiapkan dana sekolah

Sebagai orangtua yang baik, tentu anda menginginkan anak anda bisa memperoleh pendidikan yang terbaik bukan? hal tersebut bukan tanpa alasan karena pendidikan menjadi salah satu hal penting yang akan menentukan masa depan buah hati. Untuk memberikan pendidikan terbaik kepada buah hati,  tentu ada berbagai macam persiapan yang dilakukan bukan seperti persiapan dana sekolah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat setiap tahun, biaya pendidikan memang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Inilah mengapa pentingnya untuk menyiapkan dana sekolah untuk anak mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga jenjang perguruan tinggi. dan perlu diingat apabila biaya pendidikan tidaklah murah.

Apabila sebagai orangtua, anda tidak memiliki persiapan dana untuk sekolah anak, maka besar kemungkinan anda akan keteteran dalam membiayai sekolah di masa depan mereka. Adapun cara untuk menyiapkan dana pendidikan tersebut dapat dilakukan  dengan berbagai macam cara mulai dari tabungan pendidikan hingga investasi.

Sayangnya, tidak semua orangtua mengetahui pentingnya persiapan dana untuk anak sekolah jauh-jauh hari. Padahal sudah jelas, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi  di masa depan bukan? inilah anda harus cerdas dalam mengambil langkah.

5 Tips menyiapkan dana sekolah

Walaupun persiapan dana sekolah untuk anak menjadi hal yang penting, tetapi  tidak sedikit pula para orang tua yang tidak mengetahui bagaimana memulai untuk menyiapkannya. Daripada pusing, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan langsung.

1. Menentukan dimanakah anak anda akan sekolah

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para orangtua adalah menentukan dimanakah anak akan mengenyam pendidikan. Apakah itu sekolah negeri, swasta, ataukah internasional. Disinilah, sebaiknya para orang tua harus mencaritahu apa sajakah kelebihan dan keunggulan masing-masing sekolah tersebut.

Jika sudah menentukan pilihan, maka orang tua bisa mempertimbangkan untuk memilih sekolah yang terbaik untuk anda. pastikan anda memilih sekolah yang dilengkapi dengan kurikulum jelas, tenaga pengajar yang professional hingga fasilitas dan layanan lengkap lainnya sehingga dapat menunjang kegiatan pendidikan agar lebih maksimal.

2. Mulai lakukan riset perkiraan biaya yang akan dikeluarkan

Tips menyiapkan dana sekolah berikutnya adalah dengan mulai lakukan riset perkiraan biaya pendidikan yang akan dikeluarkan.  Anda perlu mencaritahu mengenai biaya sekolah di sekolah yang bersangkutan.

Adapun biaya-biaya yang bisa diperhatikan diantaranya adalah Uang pangkal, uang SPP, seragam, buku dan biaya tambahan. Jika sudah, maka cobalah bandingkan apakah biaya yang dikeluarkan tersebut sebanding dengan sarana-prasarana yang akan didapatkan anak anda ketika sekolah disana.

3. Mulailah melakukan evaluasi keuangan

Tips lainnya yang harus anda ketahui adalah mulailah untuk melakukan evaluasi keuangan untuk pendidikan anak anda. caritahu berapa pendapatan bulanan dan berapakah uang yang harus disisihkan buat biaya pendidikan  dari gaji tersebut. pastikan apabila porsi yang sudah dibagi-bagi tersebut sudah sesuai dengan kondisi finansial yang anda miliki. Jangan sampai mengganggu kebutuhan pokok anda.

4. Memilih asuransi ataukah tabungan pendidikan

tips menyiapkan dana sekolah berikutnya adalah memilih asuransi ataukah tabungan pendidikan. Kedua cara ini sebagai upaya untuk memberikan kemudahan terhadap rencana keuangan buat pendidikan nantinya. Perlu diingat, apabila tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan merupakan 2 hal berbeda.

Dimana tabungan pendidikan merupakan tabungan berjangka yang sudah dijamin oleh lembaga penjamin simpanan.  Sedangkan asuransi pendidikan adalah gabungan dari tabung dan asuransi jiwa berjangka. Dimana apabila terdapat kasus, orang tua meninggal maka pendidikan akan terus terjamin.

5. Melakukan investasi

Ingin membuat dana pendidikan masa depan anak aman? Jika demikian cobalah untuk mulai berinvestasi. Investasi sendiri ternyata banyak dipilih oleh masyarakat untuk menyiapkan dana masa depan, termasuk dana untuk pendidikan anak.

Ada beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih mulai dari emas/logam mulia, surat utang Negara, reksadana,  dan masih banyak lagi. Dengan kegiatan investasi inilah, anda akan memperoleh adanya imbal hasil setiap bulannya atau per tahun.

Demikian beberapa cara untuk menyiapkan dana sekolah anak. Sebagai para orang tua, anda tentunya ingin memasukkan anak ke dalam sekolahan terbaik bukan? Global Kids School bisa menjadi solusi yang   terbaik untuk anda. Ini merupakan sekolah dimana akan memberikan kesempatan para siswa untuk belajar sekaligus menjadi anggota masyarakat global sesuai dengan visi misi dari gks.sch.id.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?