Terapkan 5 Cara Ini Agar Belajar di Rumah Efektif
Terapkan 5 Cara Ini Agar Belajar di Rumah Efektif
October 14, 2020

6 Cara Belajar di Rumah Agar Anak Tidak Bosan

Cara Belajar di Rumah

Dalam masa pandemi ini, penting untuk mengetahui cara belajar di rumah dengan anak. Anak diharuskan belajar dari rumah atau bahasa gaulnya adalah Study From Home. Tujuan belajar di rumah pun ada baiknya, yaitu untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona yang saat ini sedang melanda satu dunia.

Dari belajar di rumah, ada anak-anak yang menyukainya dan juga ada beberapa anak yang tidak menyukainya. Bagi anak yang menyukainya, mungkin mereka merasa kalau belajar di rumah efektif dapat membuat mereka lebih fokus, lebih tenang dalam belajar dan lebih bisa menjadi diri sendiri dibandingkan di sekolah. Tetapi bagi anak-anak yang tidak suka belajar di rumah, tentu hal ini menjadi masalah khususnya bagi orang tua. Orang tua yang tidak mengerti cara belajar di rumah dengan anak dengan benar, umumnya akan mengalami kesulitan.

Anak bisa menjadi bosan atau tidak ingin belajar. Sebagai orang tua, kita tidak ingin menyia-nyiakan waktu berharga tersebut. Bahkan bila perlu, kita menggunakan waktu yang sama pembelajarannya seperti pada umumnya di sekolah. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas 6 cara belajar di rumah dengan anak agar anak tidak bosan.

Cara Belajar di Rumah Agar Anak Tidak Bosan

  1. Berikan penjelasan

Belajar dari Rumah2

Selama ini, anak-anak selalu belajar dari sekolah dan tiba-tiba mereka disuruh untuk belajar di rumah. Tentu anak-anak akan bingung, mengapa mereka harus belajar di rumah. Tugas orang tua adalah memberikan penjelasan atau pemahaman kepada anak-anak alasan mereka harus belajar di rumah.

Dalam situasi saat ini dikarenakan adanya pandemi virus Corona. Perlu dijelaskan kalau kita semua harus menghindari kerumunan sebagai pencegahan penularan virus dan sebagai anak kecil, masih memiliki imunitas tubuh yang kurang sempurna jadi bisa lebih rentan terkena virus Corona. 

       2. Tunjukkan pada anak-anak kalau Anda mendukung mereka

Ibu Bisa Jadi Guru di Rumah untuk Mendukung Stimulasi Anak

Jika dalam keadaan normal anak-anak harus ke sekolah dan tidak ada orang tua yang mendampingi mereka, sekarang saatnya Anda sebagai orang tua harus mendampingi mereka. Anak-anak butuh seseorang yang mendukung mereka saat belajar. Cobalah untuk mendampingi mereka. Orang tua juga bisa sambil melakukan pekerjaan mereka dan disaat anak tidak mengerti, bantulah mereka untuk mencari solusinya. Anak dapat lebih terpacu untuk belajar karena mereka melihat Anda giat bekerja disamping mereka. Jangan lupa juga untuk membantu anak memahami materi pelajarannya.\

      3. Sesuaikan jam belajar

stimulasi anak1

Dalam hal ini, orang tua perlu melihat waktu yang tepat untuk si anak belajarnya. Jangan memaksa mereka untuk belajar atau mengerjakan tugas jika memang si anak sudah jenuh belajarnya. Selipkan waktu beberapa menit buat si anak untuk bermain, mungkin sekitar 30-45 menit.

      4. Kreatif

Dalam belajar di rumah, kita dapat memanfaatkan fasilitas internet yang ada. Orang tua dapat menggunakan internet untuk mencari video atau gambar yang menarik buat bahan pembelajaran. Jadi, anak-anak tidak melulu menatap pelajaran mereka yang penuh dengan tulisan, tetapi ada video atau gambar-gambar yang Anda persiapkan untuk mereka. Tentunya video atau gambar yang dipersiapkan adalah yang berhubungan dengan materi pembelajaran anak. Jangan memberikan video atau gambar yang lain, karena itu dapat memengaruhi konsentrasi anak dalam belajar.

      5. Ada waktu untuk bermain

Strategi-Pembelajaran-Inovatif-untuk-Belajar-di-Rumah3

Bila anak belajar terlalu lama, tentu mereka akan merasa bosan. Itu juga bisa membuat konsentrasi menjadi berkurang dan daya serap belajar mereka menjadi berkurang. Maka dari itu, ada baiknya untuk sesekali berhenti sebentar belajarnya dan Anda bermain bersama dengan anak. Cobalah untuk bermain dengan durasi sekitar 15-30 menit. Anda juga perlu tegas dalam memberi waktu durasi bermainnya, karena jika terlalu lama anak-anak umumnya akan menjadi malas belajar lagi. Lebih baik permainan edukasi atau yang memerlukan imajinasi. Bisa juga Anda dan anak melakukan senam kecil-kecilan.

     6. Pertahankan rutinitas

belajar

Perlu di ingat juga untuk ini semua, Anda perlu pertahankan rutinitas tersebut. Disiplin adalah kuncinya. Anak-anak perlu diajari belajar yang baik selama di rumah dan jangan lupa diselipkan waktu istirahat untuk bermain. Beritahu anak-anak untuk disiplin dalam mengikuti jadwal pembelajaran dan istirahat. Dengan dilakukannya disiplin untuk ini, niscaya anak-anak dapat betah belajar di rumah.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?