ikut sekolah tatap muka
Bagaimana Kesiapan Sekolah Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka?
April 29, 2021
pendidikan pancasila
Perdebatan Terkait Hilangnya Pendidikan Pancasila Dari Standar Nasional Pendidikan
May 5, 2021

6 Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Puasa Ramadan

tips menahan lapar saat puasa

Puasa Ramadan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim pada saat bulan Ramadan. Pada saat puasa, Anda harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh sampai dengan terbenamnya matahari. Terkadang, tidak semua orang dapat dengan mudah melalui ibadah puasa ini karena tidak terbiasa menahan lapar dalam waktu lama. Nah, untuk mengatasi itu, Anda dapat simak tips agar tidak cepat lapar saat puasa berikut ini.

Tips Agar Tidak Mudah Lapar Saat Puasa

Membuat Diri Sibuk

Pada saat rasa lapar muncul, ada baiknya untuk mencoba fokus pada hal lain. Salah satu caranya adalah dengan membuat diri sibuk. Anda dapat melakukan kegiatan seperti bersih-bersih rumah, menonton film, bermain game, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan kegiatan tersebut paling tidak fokus Anda pada rasa lapar dapat teralihkan. Melakukan kegiatan tersebut juga dapat membuat waktu puasa Anda menjadi lebih tidak terasa.

Cukupi Kebutuhan Air Tubuh

Untuk membuat tubuh tidak cepat lapar, Anda dapat coba untuk memenuhi kebutuhan air Anda. Pada saat berpuasa, tentunya kebutuhan air Anda akan kurang. Oleh karena itu, pada saat berbuka sampai dengan sahur sebaiknya Anda minum air yang cukup paling tidak 8 gelas. Minum air yang cukup dapat membuat pikiran segar dan hidrasi tubuh menjadi lancar.

Melakukan Hobi

Tips berikutnya agar tidak cepat lapar adalah dengan mengerjakan hobi Anda. Anda dapat main game, sepak bola, basket, mendengarkan musik, jalan-jalan, berkebun, dan lain sebagainya. Selama melakukan kegiatan hobi Anda tersebut, pasti rasa lapar yang melanda saat puasa akan menghilang.
Baca Juga : Terkait Ragam Jenis Kegiatan Terbaik Dalam Proses Menunggu Buka Puasa

Khusus untuk hobi yang terkait dengan kegiatan fisik, rasa lapar Anda tetap akan hilang pada saat Anda menjalankan puasa. Hal tersebut dapat terjadi karena pada saat menjalankan hobi yang terkait aktivitas fisik tersebut, Anda akan sangat fokus melakukannya dan akan lupa pada rasa lapar di perut.

Meditasi

Untuk melakukan meditasi memang tidak dapat dilakukan dengan mudah. Meski begitu, cara ini dapat sangat berguna untuk membuat Anda tidak cepat lapar saat puasa. Dengan meditasi, pikiran Anda akan menjadi tenang dan juga jernih. Ketenangan dan kejernihan pikiran tersebut pastinya dapat membuat emosi Anda terjaga dan rasa lapar saat puasa dapat lebih terkontrol.

Mempercayai Puasa Itu Dapat Menguatkan

Melaksanakan ibadah puasa dapat memberikan efek yang kuat kepada siapa saja yang menjalankannya. Dengan berpuasa, Anda dapat belajar mengontrol pikiran, hati, dan juga rasa lapar. Pada saat rasa lapar datang, Anda dapat menguatkan diri dengan percaya bahwa terdapat hal baik yang akan diterima saat puasa Anda selesai. Dengan begitu, Anda akan punya kekuatan lebih untuk menahan rasa lapar saat puasa.

Waktu Tidur Cukup

Tidur cukup adalah tips agar tidak mudah lapar saat puasa yang dapat Anda lakukan. Waktu tidur yang dilakukan tidak boleh berlebihan ataupun kurang. Pada saat Anda kurang waktu tidur, tentu akan mudah merasa lelah saat puasa. Untuk itu, pada saat bulan Ramadan, ada baiknya Anda tidur awal agar dapat sahur dalam keadaan segar serta memiliki waktu tidur yang cukup.

Tidak cuma itu saja, Anda juga dapat memilih untuk tidur pada saat puasa. Anda dapat tidur setelah zuhur sehingga waktu puasa dapat terasa lebih cepat.

Demikianlah tadi beberapa tips agar tidak cepat lapar saat puasa yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya, puasa merupakan suatu ibadah yang memiliki pahala yang banyak. Jadi, jangan sampai rasa lapar dapat mengganggu kualitas dari ibadah puasa Anda.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?