21 tempat hiburan untuk anak yang menarik untuk dikunjungi
11 tempat hiburan untuk anak yang menarik untuk dikunjungi
December 30, 2019

9 Pekerjaan Masa Depan Ini Diperkirakan Ada di Tahun 2030

9 Pekerjaan Masa Depan Ini Diperkirakan Ada di Tahun 2030

Pekerjaan yang sesuai dengan passion dan kemampuan adalah harapan semua orang. Hal ini akan menimbulkan rasa semangat saat akan berangkat kekantor untuk bekerja. Tapi, tahukah Anda ada beberapa pekerjaan yang ternyata akan sangat dibutuhkan di masa depan?  Mungkin anda bisa berpikir lagi untuk mendalami suatu skill atau ilmu.

Berikut adalah 9 pekerjaan masa depan yang diperkirakan ada di tahun 2030 sesuai penelitian dari The Canadian Scholarship Trust Plan (CST).

9 pekerjaan masa depan yang diperkirakan ada di tahun 2030

1. Tele-surgeon

person in blue long sleeve shirt wearing white mask
Alias dokter bedah gak langsung. Para dokter bedah ini akan bekerja dari berbagai tempat yang jauh dari tempat operasinya dan menggunakan peralatan robot yang terhubung secara online, bukan lagi menggunakan tangan langsung.

2. Nostalgist

Alias desainer interior spesialisasi nostalgia. Nostalgists akan khusus menciptakan ulang memori bagi mereka yang sudah pensiun. Orang lanjut usia di tahun 2030 diperkirakan gak mau menghabiskan waktu di “desa pensiunan” umum yang damai, tapi lebih memilih hidup secara luks di ruang yang terinspirasi dari masa atau tempat favoritnya.

3. Re-wilder
Profesi ini sebelumnya lebih dikenal sebagai farmers atau petani. Tugas re-wilder bukan bercocok tanam untuk menumbuhkan tanaman, tapi untuk mengurangi dan memperbaiki kerusakan lingkungan di desa yang disebabkan oleh orang, pabrik, kendaraan bermotor dan lain sebainya.

4. Simplicity expert
Alias ahli kesederhanaan. Mereka di tahun 2030 akan lebih berfokus pada bagaimana cara suatu bisnis bisa menyederhanakan dan mengalirkan operasi mereka begitu saja. Misalnya, mereka bisa memangkas 15 kegiatan administratif menjadi hanya 3, atau 4 macam interview menjadi 1 saja, ataupun 3 hari kerja menjadi setengah jam saja.

5. Garbage designer
Alias desainer limbah. Mereka akan menemukan cara-cara kreatif mengubah produk buangan atau limbah dari proses manufaktur menjadi material berkualitas tinggi yang bisa digunakan untuk produk lain yang benar-benar berbeda.

6. Robot counselor
Alias konsultan robot. Di tahun 2030, diperkirakan robot akan berperan banyak dalam melayani rumah tangga dan jasa daripada yang sudah berlangsung sekarang. Robot counselor akan menjadi sumber daya yang bagus dalam menentukan robot yang tepat untuk sebuah keluarga, dengan meneliti bagaimana cara anggota keluarga berinteraksi satu sama lain serta mengidentifikasi kebutuhan dan gaya hidup mereka.

7. Healthcare navigator
Alias pembimbing kesehatan. Profesi ini akan mengajarkan para pasien dan orang terdekat mereka tentang sistem medis kompleks beserta input dan hasilnya. Navigator ini juga membantu orang untuk mengatur kontak mereka dengan sistem medis, sehingga akan berkurang stres dan penundaan proses medis yang lama. Ibaratnya seperti kita booking tur wisata dan semua sudah disediakan tanpa perlu kita urus sendiri.

8. Solar technology specialist
Spesialis teknologi energi tenaga surya bisa jadi memiliki lahan khusus untuk mereka mengatur persebaran petak-petak penangkap energi surya, kemudian akan menjual energi yang terkumpul kepada stasiun energi atau komunitas lainnya — selain itu mereka juga bisa bekerja sebagai konsultan di perkotaan, membantu pemilik gedung dalam mendesain, membangun dan mengoperasikan panel-panel energi surya.

9. Aquaponic fish farmer
Alias peternak ikan akuaponik. Di tahun 2030, diperkirakan populasi ikan di alam liar semakin sangat berkurang — jadi metode produksi baru seperti akuaponik akan menggantikan penangkapan ikan di alam liar. Akuaponik menggabungkan peternakan ikan dengan perkebunan, di mana tanaman-tanamannya tumbuh di atas air yang menutupi bagian atasnya dan ikan-ikannya hidup di air bagian bawahnya tersebut. Tanaman akan melepaskan oksigen ke air dan ikan akan memproduksi kotoran yang menjadi pupuk bagi tanaman-tanaman tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa siswa dan mahasiswa saat ini sudah berada pada tekanan keras soal tuntutan karir ke depan mereka dalam usia yang terhitung belia. Banyak yang diharapkan mengetahui bidang ekspertisnya minimal sejak SMA. Hal tersebut memang bisa menyebabkan kecemasan dan stres. Yang paling penting adalah gak berhenti mencoba mempelajari banyak hal sampai menemukan bidang yang benar-benar kamu senangi. Di situ lah kamu bisa berjuang lebih maksimal soal karirmu. Tertarik yang mana di antara pekerjaan yang di atas?

Jangan lupa untuk sekolah di sekolah online Jakarta Global Kids School yang sedang membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru.
( sumber : https://hype.idntimes.com/fun-fact/bayu/9-pekerjaan-masa-depan-ini-diperkirakan-ada-di-tahun/full )

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?