Mengatasi Kejenuhan
5 Hal Menarik Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar Online
March 15, 2021
Vaksinasi Guru
Vaksinasi Guru Dibuka Akhir Februari, Ini Dia Syaratnya
March 19, 2021

Akhirnya Subsidi Quota Internet Dibuka Oleh Pemerintah

Quota Internet

Selama pandemi, pemerintah memberikan bantuan berupa subsidi kuota internet gratis bagi siswa-siswi di Indonesia. Subsidi quota internet tersebut telah disalurkan beberapa kali. Nah, untungnya dalam waktu dekat ini pemerintah melalui Dinas Pendidikan akan menyalurkan kembali subsidi tersebut. menurut penuturan resminya, pemerintah akan memberikan subsidi selama 3 bulan terhitung Maret 2021.

Perbedaan subsidi tahun ini dengan sebelumnya

Sayangnya, meski tahun ini subsidi internet turun tapi ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara subsidi tahun ini dengan yang sebelumnya. Jika kalian penasaran, berikut beberapa perbedaan yang perlu diketahui.

1. Jumlahnya lebih sedikit

Dibandingkan tahun sebelumnya, subsidi yang diberikan kali ini lebih sedikit. Jika sebelumnya tiap siswa jenjang PAUD 20 GB per bulan maka sekarang hanya mendapat jatah sekitar 7 GB. Sementara untuk sekolah dasar dan menengah dari semula menerima 35 GB maka untuk tahun ini mereka hanya menerima 10 GB per bulan.

Selain untuk murid, guru sekolah dan PAUD juga mendapat jatah internet dari pemerintah. Jika tahun lalu mereka mendapat jatah sekitar 42 GB. Sayangnya, untuk tahun ini mereka hanya mendapat 12 GB perbulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen masing-masing mendapat jatah 15 GB per bulan dari semula 50 GB per bulan.

2. Syarat penerima subsidi

Untuk penerima subsidi tahun ini, Kemendikbud menerapkan beberapa persyaratan yang telah diatur dalam peraturan resmi. Beberapa syarat yang diajukan antara lain adalah nomor bantuan penerima subsidi masih aktif dan penerima subsidi yang penggunaan internetnya kurang dari 1 GB per bulan tidak akan menerima bantuan tambahan.

Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi, persyaratannya lebih ketat lagi. Mahasiswa tersebut harus tercatat sebagai mahasiswa aktif dan memiliki Kartu Rancangan Studi pada semester ini. Sementara itu, bagi dosen harus terdaftar aktif mengajar di PDDikti serta memiliki NIDN, NIDK, serta NUP.

3. Subsidi termasuk kuota umum

Menurut penjelasan Menteri Pendidikan, subsidi internet yang diberikan tahun ini merupakan kuota umum yang bisa dipakai untuk mengakses situs-situs yang ada. Namun, tentu saja selain situs-situs yang memang telah diblokir oleh Kemenkominfo karena berbagai alasan.

Selain situs yang diblokir pemerintah, penerima subsidi juga tidak bisa mengakses berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok . Hal ini bertujuan agar para peserta didik bisa benar-benar memanfaatkan subsidi tersebut untuk belajar dan bukan untuk kegiatan lainnya.

Bagi orang tua yang kebingungan soal subsidi quota internet, Anda bisa menanyakan ke pihak sekolah agar lebih jelas. Untungnya, bagi para orang tua peserta didik sekolah Global Kids School bisa dengan mudah menanyakan tersebut. situs resmi sekolah ini yaitu gks.sch.id telah memiliki fitur chat yang bisa menjawab pertanyaan secara langsung.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?