Ibu Bisa Jadi Guru di Rumah untuk Mendukung Stimulasi Anak
Ibu Bisa Jadi Guru di Rumah untuk Mendukung Stimulasi Anak
September 9, 2020

Anak SD Belajar dari Rumah Inilah Panduan untuk Orang Tua

Anak-SD-Belajar-dari-Rumah-Inilah-Panduan-untuk-Orang-Tua

Sampai sekarang sekolah masih diliburkan. Bahkan di Jakarta sudah diberlakukan PSBB lagi setelah new normal. Belajar dari rumah pun sampai sekarang masih diterapkan. Pembelajaran daring masih berlangsung, untuk semua para siswa dan guru melakukan ajar mengajar di rumah masing-masing.

Untuk para siswa yang sudah menempuh pendidikan di bangku SMP mungkin metode belajar di rumah bisa mereka atur scara mandiri. Tapi bagaimana dengan anak-anak yang masih sekolah SD dan TK?

Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para orang tua. Di sini mereka tak hanya membantu si anak melengkapi fasilitas yang dibutuhkan, tapi juga ikut membimbing dan menjadi guru bagi anak tersebut. Lalu bagaimana cara orang tua membantu anak belajar dari rumah?

 

Panduan Orang Tua Membantu Anak Belajar dari Rumah

 

Sekurang-kurangnya ada 2 cara yang kalian dapat lakukan. Cara pertama dengan memanfaatkan program pembelajaran yang sudah pemerintah siapkan lewat program acara yang dilangsungkan di TVRI dan cara kedua dengan mencarikannya sekolah online lain yang tepat (bila dirasa belum cukup).

 

Belajar dari Rumah dengan TVRI

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menayangkan program belajar di TVRI sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama pandemi ini. Pada program tersebut, Kemendikbud tidak mengejar Kurikulum anak-anak SD yang berlaku saat ini.

 

Mereka lebih menekankan pada pembelajaran pada kompetensi literasi, numerasi dan karakter. Kompetensi tersebut sangat cocok digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

 

“Jadi ada satu tim khusus, di bagian tim Balitbang yang sedang merumuskan bagaimana kita melakukan berbagai macam perubahan kurikulum dan asesmen selama masa PJJ agar kemungkinan pembelajaran yang efektif lebih tinggi,” jabar Mendikbud Nadiem Makarim mengenai pentingnya keefektifan kurikulum dalam PJJ ini.

 

Sebagai orang tua, kalian di sini hanya mendampingi anak SD sekalian membantu mereka lebih mudah dalam menangkap pelajaran. Soal materi dan lain-lain kita semua bisa percayakan kepada TVRI. Lewat BDR ini juga kalian bisa mempererat ikatan antara anak dan orang tua.

 

Agar belajar dari rumah semakin bermakna, berikut adalah jadwal, kelas, jam tayang, dan panduan Anda mendampingi anak saat belajar di rumah. Jadwal berlaku sejak 1 September 2020.

 

  • SD Kelas 1 – 3

Kompetensi Numerasi:

  1. Mengenal Bangun Ruang
  2. Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran

 

Jadwal ditayangkan pukul 08:30 – 09.00

Sebelum ditayangkan, orang tua mengajak anak-anak bersiap 10 menit sebelum acara dimulai. Jelaskan kepada si anak lamanya tes berlangsung, serta siapkan peralatan tulis menulis. Pastikan semuanya sudah siap sebelum acara dimulai.

 

  • SD Kelas 4 – 6

Kopetensi Literasi:

 

  1. Memahami paparan lisan yang disampaikan
  2. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengalaman dan pengamatan yang anak terima

 

Jadwal ditayangkan pukul 09:00 – 09:30

Sama seperti panduan di atas, sebelum program ditayangkan bersiap-siaplah 10 menit sebelum program berlangsung. Duduk dengan anak Anda, tunggu programnya dengan rileks dan siapkan alat tulis. Jelaskan pula kepada anak mengenai waktu acara berlangsung. Cuma setengah jam saja, jadi manfaatkan sebaik mungkin apa yang tayang di televisi.

 

Belajar Online dengan GKS (Global Kids School)

 

Bila menurut Anda program belajar yang TVRI berikan kurang cukup, kalian bisa memperoleh pendidikan lain untuk anak-anak SD Anda melalui GKS (Global Kids School). Jadi di GKS ini kalian bakan dibina, diajar, dilatih mandiri, lebih mengetahui diri Anda dan mengajarkan kurikulum-kurikulum pelajaran tahun sekarang.

Guru yang ada di GKS semuanya berkualitas. Pandai mengajar anak kecil, dengan didukung oleh berbagai fasilitas pendidikan. Semuanya lengkap, anak-anak yang bersekolah di GKS puas dengan bagaimana cara guru mengajar.

GKS juga tersedia sekolah offline. Mereka sudah berdiri tahun 2006 lalu, sekolah ini memberikan kesempatan murid-murid untuk berpartisipasi aktif, belajar mandiri, mengembangkan kreativitasnya, dan memiliki kesempatan untuk dapat memecahkan masalah yang mungkin ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya GKS adalah rekomendasi sekolah yang cocok menjadi tempat anak-anak Anda menempuh pendidikan sejak dini. Baik saat dalam masa pandemi yang memaksa kita belajar dari rumah atau dalam kondisi normal nantinya.

Siap bersekolah di GKS?

 

 

 

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?