Mengenal Apa Pengertian Konsep Pembelajaran
Mengenal Apa Pengertian Konsep Pembelajaran
August 12, 2020
Ibu Bisa Jadi Guru di Rumah untuk Mendukung Stimulasi Anak
Ibu Bisa Jadi Guru di Rumah untuk Mendukung Stimulasi Anak
September 9, 2020

Anggaran Pendidikan 2021 Bermanfaat untuk Kualitas SDM

Anggaran Pendidikan 2021 Bermanfaat untuk Kualitas SDM

Berbicara mengenai Anggaran Pendidikan 2021, Presiden Joko Widodo secara resmi menyampaikan, bahwa pemerintah akan mengalokasikan uang sebesar Rp549,5 triliun untuk pendidikan ajaran tahun 2021. Dengan besar anggaran Rp549,5 triliun tersebut, kira-kira apa yang akan pemerintah lakukan?

Seperti yang diungkapkan oleh Jokowi, anggaran itu akan lebih difokuskan dalam tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), selain itu peningkatan kemampuan adaptasi teknologi, dan peningkatan produktivitas melalui pengetahuan Ekonomi dalam era industri 4.0 juga akan ikut ditingkatkan. “Anggaran pendidikan tahun 2021 sebesar Rp 549,5 triliun atau 20% dari APBN akan difokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM,” kata Jokowi saat menyampaikan RUU APBN 2021 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna di Gedung Parlemen Jakarta, Jumat (14/08/2020).

Sebelum itu, Jokowi sempat menyoroti sistem pendidikan nasional dalam sidang bersama DPR RI dan DPD RI 2020. Jokowi meminta agar pendidikan mengedepankan sisi religiuitas dan berinovasi. Dengan harapan agar sumber daya manusia (SDM) mampu unggul dan terus berinovasi khsusunya dalam hal teknologi. “Saya ingin semua platform teknologi harus mendukung transformasi kemajuan bangsa,” tegasnya pada sidang DPR RI dan DPD RI 2020.

Anggaran Pendidikan 2021 Untuk Reformasi Pendidikan

Di samping anggaran tersebut, Jokowi berencana akan melakukan beberapa reformasi pendidikan untuk sekolah-sekolah di Indonesia.

Seperti:

  • Melakukan tranformasi pendidikan melalui kepemimpinan kepala sekolah
  • Tranformasi pendidikan dengan pelatihan guru
  • Mengajar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa tersebut
  • Menerapkan standar penilaian global
  • Dan kemitraan masyarakat sipil serta daerah

 

Selain memberikan anggaran pendidikan yang diambil dari 20% APBN milik negara, Jokowi juga akan melakukan kebijakan lainnya dalam bidang pendidikan. Kebijakan ini meliputi: menguatkan program vokasi dan kartu prakerja, penguatan penyelenggaraan PAUD, hingga peningkatan efektivitas saluran bantuan pendidikan seperti BOS, LPDP, dan PIP. “Percepatan peningkatan kualitas sarpras pendidikan terutama untuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), serta penajaman KIP Kuliah dan pendanaan pendidikan tinggi,” jelas Jokowi

Global Kids School membuka sekolah online untuk anak anda, hubungi kontak kami untuk info selengkapnya

Selain pada ranah pendidikan, pemerintah juga akan memberikan anggaran pada bidang lain. Seperti yang sudah kita tahu, Anggaran Pendidikan 2021 memperoleh uang sebesar Rp549,5 triliun, sementara untuk Anggaran Kesehatan 2021 memperoleh uang sebesar Rp169,7 triliun, Anggaran Infrastruktur 2021 memperoleh Rp414 triliun, Anggaran dalam strategi pemulihan Pariwisata 2021 Rp 14,4 triliun dan Anggaran untuk memulihkan Ekonomi Indonesia 2021 sebesar Rp365,5 triliun.

Pendidikan memperoleh anggaran yang begitu besar. Pemerintah benar-benar serius ingin fokus membentuk generasi-geneserasi penerus bangsa yang baik dengan memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Sebagai siswa maupun para pendidik, kita juga harus ikut berjuang dalam membantu tatanan negara menciptakan SDM yang berkualitas.

 

Lalu apa yang bisa kita lakukan supaya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas? Bagi guru maupun murid, ada beberapa cara kita bisa membantu negara kita maju kembali.

 

  1. Bagi murid, tekun dalam kegiatan belajar mengajar adalah kunci dasar kita bisa berubah menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Setiap manusia memiliki bakatnya sendiri-sendiri, ada yang pintar di dunia akademik, seni dan olahraga. Sebagai murid, atau sebagai diri kita sendiri, coba kenali diri Anda dan cari apa yang ‘spesial’ dari diri Anda
  2. Bagi guru, mengajar dengan baik adalah hal utama yang harus dilakukan. Dan yang pasti guru harus terus dan terus mengasah ilmu mereka dan mempelajari hal-hal baru yang ada di dunia ini. Tak cuma murid yang belajar, guru harus belajar lebih keras agar ilmu pengetahuan kalian bisa terwariskan
  3. Bagi murid, kita harus sadar, kalau belajar jangan cuma di sekolah saja. Dunia ini luas, agar tak tertinggal, kita bisa belajar dimana saja. Banyak buku untuk kita baca, banyak video pelajaran yang bisa kita lihat, dunia ini luas, jangan hanya belajar di sekolah, tapi belajarlah di lingkungan sehari-hari kalian juga
  4. Bagi guru, jangan melulu menilai murid dari nilai. Semua guru pasti tahu dengan poin ini, setiap anak memiliki bakat terpendam. Ada anak yang sudah sadar tapi banyak yang masih belum sadar. Jika kalian mampu menarik keluar bakat itu, Anda adalah guru yang hebat untuk murid-murid Anda.

 

Ada 3 pihak yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas SDM dalam dunia pendidikan. Pertama adalah pemerintah, kedua adalah guru dan ketiga adalah murid. Pemerintah sekarang sudah turun tangan. Sebagai guru dan murid, mari kita berjuang bersama meningkatkan sumber daya manusia melalui Anggaran Pendidikan 2021 ini.

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?