Penyebab Kenakalan Remaja
Ternyata Ini Lah 5 Penyebab Kenakalan Remaja
February 20, 2021
8 tempat terdalam di dunia
8 Tempat Terdalam di Dunia, Apa Aja Ya?
February 28, 2021

Belajar Online di Rumah Rawan Serangan Siber

belajar online di rumah

Dunia pendidikan saat ini memang lebih mengutamakan penggunaan internet akibat adanya pandemi sejak beberapa waktu ini. Tak jarang juga pembahasan akan belajar online atau berdasarkan internet ramai dibahas akan berbagai aspek untuk dilakukan. Bukan tanpa alasan, karena belajar online di rumah ini masih dirasa tidak efektif mengingat tidak semua murid memiliki fasilitas yang sama.

Sebagai orang tua maupun murid, tentu bisa atau tidak harus mengikuti pembelajaran saat ini dengan menyesuaikan kondisi. Memulai suatu kebiasaan pendidikan baru ini, nampaknya memang masih memberikan banyak sekali baik sisi positif atau negatif terkait sudut pandang setiap pelakunya. Baik dari guru, siswa, dan orang tua murid juga merasa ada berbagai kedua sisi tersebut selama pembelajaran dilakukan secara rutin.

 

Pembahasan Masalah Saat Belajar Online

Membahas dari segi masalah, tentu tidak bisa disepelekan untuk proses belajar online terutama bagi masyarakat kurang mampu. Jangankan saja hal tersebut, di Indonesia sendiri masih banyak daerah tertinggal sehingga fasilitas dalam menjalani suatu pembelajaran terasa sangat sulit. Oleh karena itu, ketahui dahulu masalah belajar online ini supaya bisa mengetahui akan proses mengatasinya.

Seperti berikut adalah beberapa masalah paling sering dirasakan ketika memulai kegiatan belajar online ini :

1. Masalah internet

Bagian dari fasilitas dirasa memang sangat sulit untuk didapatkan secara merata yaitu kondisi internet kurang memadai. Banyak nyatanya keluhan terkait internet baik dari satu tempat menuju lainnya tidak sama atau merata sehingga menghalangi siswa belajar. Selain itu, biaya berupa kuota atau mendapatkan kecepatan internet bukan nominal kecil sehingga sangat mengganggu dalam segi efektifitas.

2. Perangkat gawai

Mungkin banyak yang sudah menyadari, bahwa kebutuhan akan perangkat ponsel atau sebuah laptop menjadi sangat dibutuhkan saat ini. Bukan tanpa alasan, karena memang masalah dibagian perangkat menjadi perhatian khusus bagi orang tua pelajar. Karena harga dari perangkat tidaklah murah menjadi suatu kendala tersendiri. Inilah sebabnya fasilitas akan gawai ini sangatlah penting untuk diperhatikan.

3. Pelajar kurang motivasi

Berbeda dengan pembelajaran langsung dimana bisa dipantau oleh guru atau pengajar, saat ini tanpa tatap langsung sangat berpengaruh pada kemampuan murid. Contoh seperti kurang motivasi memang bisa saja muncul, terutama banyaknya tugas membebani juga. Pemberian dari sebuah materi pembelajaran juga dirasa masih kurang baik bila melihat kendala akan motivasi tersebut.

Seperti beberapa hal di atas, nyatanya memang bagi para pelajar atau guru sekalipun sangat membebani dari segi kondisi. Namun, walau begitu tetap saja ada beberapa keuntungan dimana harus diketahui juga demi kemajuan dunia pendidikan masa depan. Apalagi, memang karena situasi pandemi seperti sekarang memaksa bidang apapun untuk selalu menjaga jarak dengan cukup jauh.

 

Membahas Keunggulan Belajar Online

Untuk pembahasan seputar keunggulan belajar online seiring waktu, maka ketahui beberapa hal sebagai berikut :

1. Mengajarkan kebiasaan

Bila memang awalnya sulit, nanti tentu saja akan mulai terbiasa untuk para murid serta guru agar mengenal teknologi sekarang. Selain itu, para murid juga harus lebih bisa membuat dirinya lebih berkonsentrasi sesuai dengan kebutuhan agar menerima pembelajaran. Kemudian tambahan berupa inovasi sebuah pembelajaran lebih kreatif akan membuat guru juga lebih berkembang tentunya.

2. Praktis dan hemat waktu

Kemudian mungkin mulai terasa sangat menghemat waktu dimana hanya perlu menyalakan perangkat serta tersambung internet demi bisa mulai mengikuti pembelajaran. Para siswa juga hanya perlu mempersiapkan dirinya lebih baik lagi tanpa perlu panik saat mengalami terlambat. Pastikan untuk tetap menjaga penampilan pada saat ingin memulai mengikuti pembelajaran tersebut.

3. Menyajikan materi menarik

Semakin berkembangnya teknologi juga menuntut para guru untuk semakin kreatif dalam menyajikan materi kepada murid. Hal ini akan mendukung agar tampilan pada saat belajar online bertambah menarik demi mendorong murid semangat belajar. Selain itu, semangat untuk mengikuti pembelajaran akan semakin tinggi akan hal ini.

 

Terkait beberapa hal di atas, tentu masalah siber atau dari internet juga bisa menyerang sehingga perlu dicegah. Tetapi sekolah dengan dukungan baik mengenai pembelajaran ini adalah Global Kids School untuk mendukung anak murid belajar secara tepat. Apalagi, seluruh hal terkait sekolah disini bisa langsung akses pada situs gks.sch.id demi membantu para orang tua mencari tempat belajar terbaik.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?