Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Keluarga Tercinta
Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Keluarga Tercinta
May 9, 2021

Cemilan Buka Puasa, Dari yang Jadul Sampai Kekinian

Cemilan Buka Puasa, Dari yang Jadul Sampai Kekinian

Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa hadirnya cemilan buka puasa yang enak. Biasanya orang akan cenderung mengkonsumsi cemilan terlebih dahulu sebelum makan besar seperti nasi.

Banyak pilihan cemilan yang laku keras saat bulan puasa, bahkan beberapa hanya dijual saat bulan Ramadhan saja. Anda mau tahu daftar cemilan yang bisa dipilih untuk dibeli atau dibuat sendiri di rumah? Ini informasi lengkapnya.

 

Cemilan Buka Puasa Jadul

Beberapa jenis cemilan jadul, dari dulu sampai sekarang tak pernah absen menjadi menu berbuka puasa banyak orang, mulai dari gorengan sampai yang berkuah. Berikut ini beberapa diantaranya yang dijamin enak maksimal.

  • Gorengan

Gorengan tak pernah salah untuk disajikan saat berbuka, walaupun disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Sebab kandungan minyaknya akan memicu kolesterol. Beberapa pilihan gorengan yang paling laku adalah tahu, tempe dan bala-bala yang memiliki citarasa gurih dan tekstur crunchy yang tak pernah membosankan.

  • Martabak Manis

Martabak manis dengan aneka isian, juga bisa menjadi salah satu pilihan cemilan berbuka sebelum Anda makan besar. Tekstur kenyal dari adonan martabak dipadu dengan isian yang sesuai selera tentu membuat waktu berbuka jadi lebih sempurna. Anda bisa pilih isian keju, meses, kacang coklat, dan masih banyak lagi.

  • Klepon

Makanan tradisional dari tepung ketan berisi gula merah ini, juga bisa jadi cemilan pilihan Anda. Ketika bosan dengan cemilan gurih dengan minyak berlimpah. Beberapa butir klepon, sudah cukup memberikan rasa kenyang saat berbuka.

Pastinya rasa yang enak, aroma pandan yang kuat akan membuat Anda lebih semangat untuk makan sampai habis.

  • Lemper

Masih berbahan ketan, lemper yang dibuat dari beras ketan yang diberi isian ayam dan dibungkus dengan daun pisang akan menjadi pelengkap berbuka Anda. Cemilan jadul ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional hingga penjual takjil di bulan Ramadhan. Ada juga varian isi kelapa parut kukus dan gula merah, bagi Anda yang lebih suka cemilan manis.

Baca Juga : Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Keluarga Tercinta

 

Cemilan Buka Puasa Kekinian

Beralih ke cemilan kekinian yang viral beberapa waktu belakangan, ternyata bisa juga masuk daftar cemilan buka puasa. Terutama untuk Anda yang suka mencoba cemilan baru, dengan cita rasa yang unik.

  • Toast

Merupakan roti bakar yang diisi dengan telur orak arik, irisan daging, dan sayuran segar. Pembedanya adalah saus sambal dan saus keju aneka rasa, sehingga membuat perut langsung kenyang usai berbuka. Cocok untuk Anda yang berbuka di perjalanan, jadi bisa kenyang sampai menunggu waktu makan malam di rumah.

  • Brule Bomb

Cemilan ini memadukan daging sapi cincang, keju, tepung, dan susu. Perpaduan yang punya nilai gizi tinggi bukan? Apalagi setelah digoreng, membuat kejunya meleleh di dalam mulut dan membuat ketagihan. Anda bisa membuatnya sendiri atau memesan di berbagai gerai cemilan kekinian terdekat.

  • Dessert Box

Buat Anda yang suka makanan manis, wajib coba dessert box yang memadukan vla khusus berlapis cake lembut. Satu box pastinya cukup untuk jadi cemilan kaya gizi dan pastinya mengenyangkan.

  • Susu Panggang

Susu panggang, yang memadukan bahan tepung maizena, susu, dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Menghadirkan sensasi cemilan manis plus gurih yang berbeda, karena rasa susunya sangat kental dan pastinya lezat.

 

Sudah tahu apa cemilan buka puasa yang akan Anda pilih hari ini? Semuanya punya rasa yang khas dan pastinya bisa membuat energi tubuh akan kembali. Tapi, bijaksanalah dalam mengkonsumsinya supaya tubuh tetap sehat dan perut tidak begah hanya karena makan cemilan terlalu banyak di saat berbuka.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?