Cara Menghadapi Anak yang Cuek
5 Cara Menghadapi Anak yang Cuek Terhadap Orang Tua
October 23, 2020

Coba 5 Tips Ini untuk Menangani Anak Malas Belajar

Coba 5 Tips Ini untuk Menangani Anak Malas Belajar

Menangani anak malas belajar di rumah khususnya saat pandemi ini, merupakan salah satu tugas yang harus dihadapi oleh para orang tua. Banyak anak-anak yang diharuskan belajar dari rumah atau bahasa gaulnya adalah Study From Home. Tujuan belajar di rumah pun ada baiknya, yaitu untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona yang saat ini sedang melanda satu dunia. Dari belajar di rumah, ada anak-anak yang menyukainya dan juga ada beberapa anak yang tidak menyukainya.

Bagi anak yang menyukainya, mungkin mereka merasa kalau belajar di rumah dapat membuat mereka lebih fokus, lebih tenang dalam belajar dan lebih bisa menjadi diri sendiri dibandingkan di sekolah. Tetapi bagi anak-anak yang tidak suka belajar di rumah, tentu hal ini menjadi masalah khususnya bagi orang tua. Anak menjadi malas belajar karena suasana yang mungkin tidak nyaman bagi mereka. Berikut akan diberikan tips menangani anak malas belajar khususnya di rumah.

5 Tips Ini untuk Menangani Anak Malas Belajar

 

  1. Membuat suasana belajar yang menyenangkan

Siapa anak-anak yang tidak menyukai pembelajaran yang menyenangkan? Mereka ingin merasakan pembelajaran yang menyenangkan seperti saat mereka di sekolah. Bertemu guru yang baik dan teman-teman yang bisa diajak bermain. Saat di rumah pun, perlu dibangunnya suasana demikian, sehingga anak tidak malas belajar. Mungkin jika bosan dengan suasana di kamar, ajaklah anak untuk belajar di ruang tamu atau di taman kecil jika Anda memilikinya. Kalau perlu ajak belajar dengan permainan, papan tulis, imajinasi, dll.

       2. Berhenti membandingkan

Anak-Betah-Belajar-di-Rumah

Setiap manusia, memiliki keunikan masing-masing. Begitu pun dengan sang anak, ada yang bisa melukis, menari, membaca, menulis indah, menghitung, dll. Bagi yang kebetulan tidak sesuai dengan bidang yang mereka kuasai, tentu hal ini akan memakan waktu lebih lama. Berilah sang anak waktu dan tetap perkenalkan mereka dengan cara belajar lainnya. Jangan membandingkan sang anak dengan orang lain karena itu bisa membuat mereka kecil hati. Bimbing sang anak dengan cara yang baik dan anak pasti bisa menjadi rajin belajar.

       3. Sesuaikan jam belajar

Terapkan 5 Cara Ini Agar Belajar di Rumah Efektif

Dalam hal ini, orang tua perlu melihat waktu yang tepat untuk si anak belajarnya. Jangan memaksa mereka untuk belajar atau mengerjakan tugas jika memang si anak sudah jenuh belajarnya. Selipkan waktu beberapa menit buat si anak untuk bermain, mungkin sekitar 30-45 menit.

       4. Kreatif

Dalam belajar di rumah, kita dapat memanfaatkan fasilitas internet yang ada. Orang tua dapat menggunakan internet untuk mencari video atau gambar yang menarik buat bahan pembelajaran. Jadi, anak-anak tidak melulu menatap pelajaran mereka yang penuh dengan tulisan, tetapi ada video atau gambar-gambar yang Anda persiapkan untuk mereka. Tentunya video atau gambar yang dipersiapkan adalah yang berhubungan dengan materi pembelajaran anak. Jangan memberikan video atau gambar yang lain, karena itu dapat memengaruhi konsentrasi anak dalam belajar.

       5. Ada waktu untuk bermain

Strategi-Pembelajaran-Inovatif-untuk-Belajar-di-Rumah3

Bila anak belajar terlalu lama, tentu mereka akan merasa bosan. Itu juga bisa membuat konsentrasi menjadi berkurang dan daya serap belajar mereka menjadi berkurang. Maka dari itu, ada baiknya untuk sesekali berhenti sebentar belajarnya dan Anda bermain bersama dengan anak. Cobalah untuk bermain dengan durasi sekitar 15-30 menit. Anda juga perlu tegas dalam memberi waktu durasi bermainnya, karena jika terlalu lama anak-anak umumnya akan menjadi malas belajar lagi. Lebih baik permainan edukasi atau yang memerlukan imajinasi. Bisa juga Anda dan anak melakukan senam kecil-kecilan.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?