21 tempat hiburan untuk anak yang menarik untuk dikunjungi
11 tempat hiburan untuk anak yang menarik untuk dikunjungi
December 30, 2019
Jojo, Sosok Ganteng Peraih Medali Emas Asian Games 2018
December 30, 2019

9 Fakta Unik di Balik Air yang Harus Diketahui

9-Fakta-Unik-di-Balik-Air

Tahu ga teman-teman kenapa di planet lain tidak bisa dihuni oleh manusia atau makhluk hidup lainnya?! Yups, benar sekali, Two Thumbs Up buat kalian yang sudah menjawab😉! Ternyata, planet lain tidak bisa dihuni oleh makhluk hidup karena tidak mempunyai unsur yang dimiliki planet kita, yakni air. Air merupakan salah satu syarat kehidupan lhooo, makanya tidak heran jika planet kita lebih didominasi oleh lautan dari pada daratan.

Selain itu, fakta juga menyebutkan bahwa seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Hal ini dikarenakan air merupakan komponen paling utama dari tubuh manusia. Tubuh kita terdiri dari 55% sampai 78 % cairan tergantung pada ukuran tubuh. WOWW, EMEJING😁. (Jadi, jangan heran tuh kalau di setiap kelas di Global Kids School terdapat gallon…hehehe)

Oke kita kembali lagi ke laptop, berhubung air merupakan penyusun dominan dari tubuh, kali ini Mr. G akan memberikan sedikit info ni seputar air. Check it out!

Mengurangi Rasa Lelah

Pernah ga kalian merasa lelah, lesu, atau capek terlalu berlebih?! Jika iya, itu artinya kalian dapat kode dan salam ‘cinta’ tuh dari tubuh bahwa tubuh kita kekurangan cairan atau bahasa kerennya dehidrasi. Teman-teman yang mengalami hal ini, segeralah minum air putih minimum tiga gelas, kemudian jangan lupa istrahat sesaat.

Meningkatkan Mood

Mandi, sudah. Makan, sudah. Bermain, sudah. Tapi kenapa kita sering kali sering gagal fokus ya?!

Tahu ga sih teman-teman, kalau ternyata terkadang kegundahan hati bin galau tanpa sebab atau susah konsentrasi merupakan salah satu gejala dehidrasi. Satu penelitian kecil yang diuji pada 25 wanita di dalam Journal of Nutrition mengungkap kalau dehidrasi bisa mempengaruhi situasi hati dan kegiatan otak (Waddaw, Mr. G mau nambah jumlah air minum ah, takut dijadikan model iklan salah satu minuman mineral😀).

Meredakan Sakit Kepala

Wahhh, manfaat yang satu ini Mr. G kira cocok buat teman-teman yang sering mengeluh pusing dalam kelas ni😁. Yups, Salah satu penyebab sakit kepala dan migrain diantaranya adalah dehidrasi loo. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Europea Journal of Neurology menyatakan bahwa banyak minum air begitu menolong mengurangi rasa sakit pada kepala (Pintar-pintar jaga kesehatan ya, karena ga ada kalian ga rame, azziik😉😊😍)

Baik Untuk Pencernaan

Manfaat yang satu ini, erat kaitannya dengan materi pelajaran IPA grade 4 & 5 ni, yaitu untuk membantu proses pencernaan. Believe it or not, peran air dalam saluran cerna ternyata luar biasa looo, yaitu menolong sistem pencernaan makanan jadi tambah baik. Kurangnya air bisa menyebabkan sembelit serta menghalangi laju cerna makanan yang masuk kedalam usus, bila dilewatkan secara terus-menerus saluran cerna akan mengalami kerusakan.

Selain itu, meminum air putih yang banyak juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta menolong kelancaran sistem pemprosesan makanan lantaran gerakan usus jadi teratur. Beberapa pakar mereferensikan kita untuk minum air putih hangat saat alami sembelit lantaran baik untuk memperlancar pencernaan makanan.

Meningkatkan Nafsu Makan serta Turunkan Berat Tubuh

Tumbuh itu ke atas, bukan ke samping! Jargon ini merupakan salah satu bentuk motivasi tersendiri bagi orang-orang yang mau diet alias menurunkan berat badan. Tapi tahu ga guys? Ternyata beberapa peneliti mengungkapkan bahwa salah satu kelebihan air putih adalah untuk meningkatkan nafsu makan, terutama bila diminum sebelum makan. Diluar itu, cukup mengkonsumsi air putih juga dapat menolong menurunkan berat tubuh lantaran kecenderungan untuk makan banyak jadi lebih kecil.

Membuang Toksin Tubuh

Buat kalian yang sampai detik ini masih belum bisa move on dari makanan instant, khasiat air ini cocok sekali. Kita sudah sama-sama tahu bahwa tidak semua makanan yang kita makan dapat dicerna oleh tubuh, bahkan terkadang mebahayakan kesehatan organ tubuh kita. Nah, superhero kita dalam kasus ini adalah air, guys. Air ternyata baik untuk menolong keluarkan toksin dari tubuh serta membuang zat beresiko lain lewat keringat serta urin dengan sistem buang air kecil.

Menghindari Penyakit Batu Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang vital dan penting dalam tubuh kita. Fungsinya yaitu untuk menyaring zat-zat berbahaya yang masuk dalam tubuh. Ketika ginjal kita sudah tidak sehat, maka sedikit-sedikit sakit, sedikit-sedikit sakit.

Nah, untuk menjaga anugerah tuhan yang luar biasa ini, kita bisa bersyukur dengan cara meminum air yang cukup karena air bisa mengencerkan garam serta mineral dalam urin yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. (Waah, Mr. G mau beli tumbler yang lebih besar aah buat tempat minum 😀)

Mengontrol Suhu Tubuh

Sadar atau tidak, saat kita berolah raga dan berkeringat, secara otomatis suhu badan kita akan meningkat, bahkan terkadang denyut jantung juga ikut meningngkat. Hal ini membuktikan bahwa jumlah air yang sesuai dengan keperluan tubuh bisa mengantur suhu dengan melepas panas tubuh saat mengeluarkan keringat. (Jadi, kalian jangan rewel lagi yaa kalau ms dan mr meminta kalian untuk membawa tumbler ke lapangan saat olahraga dan pramuka👌)

Menangani Napas Bau

Kalian sudah sikat gigi menggunakan odol tapi masih bau mulut? Jangan bingung, hal ini mungkin disebabkan karena kita kurang minum. Sebenarnya, bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat loo. Hal ini bisa juga diakibatkan oleh mulut yang kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air guys, agar bakteri dan kotoran lain dengan cepat dibersihkan (Makin cinta deh sama air💕💖😍😘)

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?