5 Hal Penting Dalam Program Kesehatan Sekolah
5 Hal Penting Dalam Program Kesehatan Sekolah
January 30, 2021
Inilah-Beberapa-Contoh-Tata-Tertib-Kelas
Inilah Beberapa Contoh Tata Tertib Kelas
February 3, 2021

Ini 5 Manfaat Kacang Ercis Untuk Penelitian

Ini 5 Manfaat Kacang Ercis Untuk Penelitian

Mengapa Mendel menggunakan kacang ercis? Ini 5 Manfaat Kacang Ercis Untuk Penelitian. Perkembangbiakan suatu organisme secara kawin atau seksual itu memungkinkan terjadinya sebuah penurunan sifat induknya pada anak atau turunan. Penurunan sifat dari suatu induk pada turunannya ini ternyata akan mengikuti pola tertentu. Hal tersebut ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti yang bernama Gregor Johan Mendel.

Mendel memang dikenal sebagai seorang pendiri genetika. Ia diketahui telah merintis suatu persilangan organisme dengan melalui penelitian yang menggunakan objek sebuah kacang kapri atau ercis. Hal yang sangat menarik dari sebuah penelitian mendel yaitu seputar pemilihan dari kacang kapri ini sebagai objek penelitiannya. Sering orang banyak mempertanyakan mengapa Mendel menggunakan kacang ercis sebagai objek penelitian untuk sebuah persilangan serta juga pewarisan sifat organisme.

Baca Juga : Inilah Fakta Teori Darwin

Kemudian telah diketahui kalau ada beberapa alasan yang diketahui mengapa kacang kapri dijadikan sebagai objek sebuah percobaan pewarisan sifat. Ternyata kacang kapri ini mempunyai kelebihan serta juga keistimewaan jika dibanding dengan tanaman lainnya. Berikut ini 5 manfaatnya.

5 Manfaat Kacang Ercis Untuk Penelitian

 

  • Daur hidup dari kacang kapri atau ercis ini pendek sehingga sangat cepat menghasilkan sebuah turunan baru.
  • Turunannya banyak.
  • Mudah disilangkan.
  • Bisa melakukan sebuah penyerbukan sendiri karena mempunyai bunga sempurna
  • Varietas jenis kacang ini sangat banyak dengan sebuah pasangan sifat beda yang sangat mencolok sehingga sangat mudah diamati.

 

Varietas dari kacang kapri atau ercis dengan berbagai macam sifat bedanya yang mencolok, antara lain:

 

  • Warna bunga berupa Merah, Putih
  • Posisi bunga yang ada di Ketiak, di Ujung
  • Warna biji berupa Kuning, Hijau
  • Bentuk biji seperti Bulat, Kisut
  • Bentuk polong berupa Gelembung, Keriput
  • Warna polong berupa Hijau, Kuning
  • Panjang batang terlihat Tinggi, Pendek

 

Hukum Mendel I

Dari penelitian yang dilakukan dengan kacang ercis  maka untuk Hukum Mendel I ini dikenal juga dengan nama Hukum Segregasi. Pada pembentukan di gamet kedua gen tersebut merupakan pasangan tersebut akan dipisahkan di 2 sel anak. Hukum tersebut diketahui berlaku untuk hal persilangan monohibrid ataupun persilangan dengan cara menggunakan satu sifat beda

Jadi untuk secara garis besar buat hukum ini akan diketahui mencakup 3 hal pokok.
Gen memiliki berbagai macam bentuk alternatif yang memang bisa untuk mengatur variasi yang ada di karakter turunannya. Hal ini merupakan sebuah konsep mengenai 2 ragam alel.

Setiap individu pasti akan membawa sepasang gen dimana salah satunya diketahui berasal dari tetua jantan. Jika sepasang gen itu diketahui merupakan 2 alel yang terlihat berbeda, seperti halnya alel dominan maka pasti akan selalu bisa untuk terekspresikan ataupun akan nampak langsung secara visual berasal di luar. Alel resesif ini tidak selalu terekspresikan, akan tetap akan selalu diwariskan di gamet yang akan dibentuk di turunannya

 

Hukum Mendel II

Untuk hal Hukum Mendel 2 inidikenal juga dengan nama Hukum Asortasi ataupun dengan Hukum Berpasangan Secara Bebas. Menurut hukum tersebut, setiap gen atau sifat bisa berpasangan secara bebas dengan suatu gen atau sifat lain. Meskipun demikian, maka gen untuk hal satu sifat ini tidak berpengaruh di gen untuk semua sifat yang lainnya yang memang bukan termasuk alelnya.

Hukum Mendel 2 ini juga bisa dijelaskan dengan melalui persilangan dihibrida, yaitu suatu persilangan dengan menggunakan dua sifat beda dan dengan dua alel yang berbeda pula. Hukum Memdel 2 tersebut hanya akan berlaku untuk sebuah gen yang mana letaknya terlihat berjauhan. Jika kedua gen tersebut  letaknya berdekatan maka untuk hukum ini pasti tidak berlaku. Hukum Mendel 2 tersebut juga tidak akan berlaku untuk sebuah persilangan monohibrid.

Perhatikan sebuah analisis di papan catur tentang sebuah persilangan dari kacang kapri dengan menggunakan dua sifat beda atau dihibrida. Kapri biji bulat dengan warna kuning lalu disilangkan dengan sebuah biji keriput dengan warna hijau. Untuk keturunan pertama maka semuanya akan berbiji bulat warna kuning.

Inilah 5 manfaat kacang ercis untuk penelitian yang digunakan oleh Mendel. Dari sini bisa diketahui berbagai alas an mengapa Mendel menggunakan tanaman ini untuk penelitiannya.

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?