Catat! 5 Fakta Unik Buat Orang yang Lahir di Bulan Maret
Catat! 5 Fakta Unik Buat Orang yang Lahir di Bulan Maret
March 24, 2021
fakta menarik negara belanda
6 Fakta Unik dari Negara Belanda
March 28, 2021

Ini loh 5 Fakta Unik Benua Antartika

Inilah Fakta Menarik Dari Benua Antartika

Di dunia ini terdapat banyak hal yang menarik untuk di bahas. Salah satunya adalah mengenai benua Antartika. Benua yang terletak di lokasi terpencil dan sulit dijangkau ini memiliki cuaca dingin yang ekstrem. Hal tersebut membuat semua bagian dari Antartika sebagian besar berupa es. Berbicara tentang Antartika, berikut ini ada beberapa fakta unik Antartika yang wajib Anda ketahui.

Fakta Unik dan Menarik Benua Antartika

  1. Memiliki Air Terjun Darah

Air terjun ini dapat berwarna merah karena adanya proses kimia dari air dari bawah gletser yang mengandung zat besi tinggi yang bersentuhan dengan udara. Kemudian, zat besi mengalami proses oksidasi yang membuat air berubah jadi merah darah. Sehingga, pada saat air tersebut mengalir akan terlihat seperti darah yang mengalir.

  1. Terdapat Tempat yang Belum Pernah Hujan Selama 2 Juta Tahun

Terdapat sekitar 1% atau 4000 km wilayah benua Antartika yang terbebas dari es secara permanen. Wilayah tersebut sering dikenal dengan nama Oasis Antartika atau lembah kering. Lokasi tersebut kerap kali dianggap sebagai gurun paling kejam yang ada di dunia. Bahkan, menurut penelitian lokasi tersebut belum pernah mengalami hujan air atau salju lagi selama kurang lebih 2 juta tahun.

  1. Di Antartika Tidak Ada Semut

Semut merupakan salah satu hewan yang dapat kita jumpai dengan mudah di daratan. Bahkan, hampir semua tanah di dunia ini dihuni oleh setidaknya satu spesies semut invasif atau asli. Namun, Anda sepertinya tidak akan dengan mudah menemukan hewan ini di Antartika. Fakta mengatakan bahwa di kutub utara Antartika dan pulau terpencil lain di dunia tidak dihuni oleh semut.

  1. Pernah Mencatatkan Rekor Suhu Terendah di Bumi yakni -98 Derajat Celsius

Di tahun 2013, Antartika mencatatkan suhu permukaan paling dingin di Bumi dengan suhu mencapai -93 derajat celcius. Namun, para ilmuwan merevisi fakta tersebut dan mengumumkan jika situs terdingin di dunia dapat lebih dingin lagi yakni sekitar -98 derajat celcius. Suhu terendah tersebut diperoleh para ilmuwan setelah melakukan pengamatan saat musim dingin di kutub Antartika.

  1. Suhu Tertinggi di Antartika Adalah 17,5 Derajat Celcius

Setelah sebelumnya membahas suhu terendah di Antartika, sekarang akan diberikan fakta tentang suhu tertinggi yang pernah tercatat di benua Antartika. Menurut penelitian, suhu paling tinggi yang pernah terjadi di Antartika berada di angka 17,5 derajat celcius. Pengukuran suhu tersebut dilakukan pada tahun 2015 silam di Argentine Research Base Esperanza.

Itu tadi beberapa fakta unik Antartika yang harus kamu ketahui. Dunia ini memang memiliki banyak sekali keajaiban dan keunikan yang dapat membuat kita tercengang. Salah satunya adalah fakta menarik dan unik yang terjadi di benua Antartika. Dapatkan juga informasi menarik dan bermanfaat lainnya di situs gks.sch.id.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?