Daftar-5-Bisnis-Masa-Depan-yang-Menjanjikan
Daftar 5 Bisnis Masa Depan yang Menjanjikan
September 20, 2020
5 Langkah Menggunakan Modul Pembelajaran untuk Belajar Siswa
5 Langkah Menggunakan Modul Pembelajaran untuk Belajar Siswa
September 20, 2020

Inilah 5 Syarat Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

Inilah 5 Syarat Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

Di tengah aksi penyaluran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilakukan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghimbau agar orang tua hati-hati terkait berita bohong pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang tersebar di sosial media.

Lebih khususnya berhati-hati dengan pesan berantai yang tersebar di WhatsApp, pasalnya ada sebuah pesan kurang lebih berbunyi seperti ini:

“Bagi yang punya putra putri SD, SMP, SMA/K ingin mengajukan program Indonesia Pintar / Kartu Indonesia Pintar, silakan mengisi link di bawah ini. Ditunggu sampai tanggal 25 Agustus 2020. Tks.” Di dalam pesan tersebut, kita sebagai orang tua diminta untuk mendaftar KIP melalui link yang tertera di sana. Kemudian mengisi semua data diri dan sekolah meliputi tanggal lahir, tempat lahir, nama orang tua alamat, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Padahal link yang tertera di dalam pesan itu bukanlah link resmi, dan syarat mendapatkan KIP pun juga salah. Kalau kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemendikbud Abdul Kahar: “Alamat yang ditunjuk untuk pendaftaran itu bukan dari kami.” Jadi sebagai orang tua, berhati-hatilah. Selain itu, dengan mengetahui syarat dan cara pendaftaran KIP yang benar berikut ini dapat membantu Anda dari penipuan-penipuan di luar sana. Dan berikut ini adalah beberapa syarat serta alur tentang bagaimana kita bisa memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Syarat dan Langkah-Langkah Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

 Setiap siswa (satu orang siswa), hanya bisa memperoleh satu buah KIP. Dan yang mendapatkan bantuan ini hanyalah siswa yang masuk ke dalam Program Indonesia Pintar. Jadi tidak semua siswa di Indonesia memperoleh KIP.

Selain fakta tersebut, ada lagi fakta-fakta lain mengenai pendaftaran KIP:

Fakta Kartu Indonesia Pintar

  • Bantuan KIP hanya diberikan kepada keluarga miskin yang mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Pendaftaran KIP Kuliah tidak bisa dilakukan oleh siswa langsung, tapi lewat satuan pendidikan tempat siswa tersebut bersekolah
  • KIP ini berupa program bantuan tunai pendidikan kepada anak sekolah untuk usia 6 sampai 21 tahun
  • Tujuan dari KIP untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi lebih baik lagi
  • Dana yang didapat dari KIP bisa siswa gunakan untuk membayar biaya pendidikan, membeli peralatan sekolah, uang saku, praktek, biaya tambahan, uang transportasi dan lain-lain
  • Besar uang yang didapat dalam bantuan KIP digolongkan menurut tingkatan pendidikan seseorang. Jika SD mendapatkan bantuan Rp 450.000 per tahun. Jika SMP mendapatkan bantuan Rp 750.000 per tahun dan untuk SMA mendapatkan Rp 1.000.000 per tahun.

 

Setelah mengetahui fakta-fakta mengenai Kartu Indonesia Pintar, berikut ini adalah syarat atau berkas yang perlu kalian siapkan untuk mendapatkan KIP:

Syarat Berkas Kartu Indonesia Pintar

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Rapor Hasil Belajar Siswa
  • Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah
  • Akta Kelahiran Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW di daerah Anda

Lalu bagaimakah alur kita bisa memperoleh KIP ini?

 

Alur atau Proses Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

  1. Pertama-tama, siswa membawa KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) milik orang tua kalian ke lembaga pendidikan (Dinas Pendidikan), atau ke pihak sekolah, atau Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)
  2. Apabila kalian tidak memiliki KKS, boleh menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu
  3. Kemudian pihak sekolah, atau lembaga pendidikan yang terkait (sekolah/madrasah/ SKB/PKBM atau LKP) mencatat data siswa yang dikirimkan lalu mengirimkannya ke Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama kota setempat
  4. Selanjutnya Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama kota setempat mendaftarkan calon siswa ke aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan)
  5. Lalu Kemendikbud memasukkan data calon penerima KIP ke dalam Dapodik
  6. Apabila siswa lolos seleksi, KIP pun dikirimkan ke alamat siswa atau mengirimkannya melalui perantara sekolah

Diharapkan dengan bantuan yang diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar ini, tak ada lagi siswa yang putus sekolah serta menarik kembali siswa yang pernah putus sekolah untuk melanjutkan sekolahnya kembali. Sekarang ini banyak sekolah bergengsi dengan kualitas tinggi mampu meningkatkan sumber daya manusia secara baik. Salah satu contoh sekolah itu adalah GKS (Global Kids School). Dengan menempatkan anak di sekolah yang berkualitas sedari kecil, mampu meningkatkan kualitas si anak. Belum lagi GKS di sini menggunakan kurikulum ajaran yang mampu mengeluarkan bakat anak lebih cepat dengan kemandirian dan kreativitas yang mumpuni.

Tak ada alasan lagi tidak bersekolah, dan tak ada lagi anggapan sekolah itu sia-sia. Sekolah itu penting!

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?