Inilah Ide Ucapan Ramadhan Terbaru di Tahun 2021
Inilah Ide Ucapan Ramadhan Terbaru di Tahun 2021
April 14, 2021
sumber daya alam
Menjelajahi Berbagai Macam Sumber Daya Alam Di Eropa
April 27, 2021

Jangan Sesekali Melakukan Cyber bullying, Inilah Akibatnya Ke Korban

Pemanfaatan Teknologi Informasi di dunia saat ini memanglah bagaikan pisau bermata 2. Di satu sisi banyak keuntungan dan manfaat yang dapat kita miliki, antara lain Teknologi Informasi bisa memudahkan manusia dalam menempuh tugas kehidupannya dan tingkatkan mutu hidupnya.

Contoh yang sangat simpel merupakan pergaulan antar manusia yang telah tumbuh dari pertemuan interpersonal jadi pergaulan di dunia maya memakai media sosial. Lewat media sosial ini, orang – orang  tidak perlu bertatap muka, lumayan cuma berjumpa dan berkenalan dengan tulisan – tulisan yang di posting atau lewat gambar– gambar yang diunggah.

Namun di sisi lain tidak sedikit kerugian dalam wujud hal  – hal negatif yang menyertai pemakaian Teknologi Informasi ini. Salah satu akibat negatif yang imbul dengan adanya Teknologi Informasi ini merupakan timbulnya fenomena Cyber bullying di golongan kanak  – kanak atau anak muda. Kekerasan dunia maya nyatanya lebih menyakitkan bila dibanding dengan kekerasan secara fisik.

Akibat Umum Cyber bullying

Akibat Umum Cyber bullying

Akibat dari adanya kekerasan dunia maya ini akan memberikan dampak yang besar terhadap masing – masing orang, baik secara emosional atau secara psikologis, entah itu ialah akibat yang besar maupun kecil. Berikut ini ada sebagian akibat cyber bully yang dapat terjalin:

Tekanan pikiran dan Depresi

Masuk ke Jurusan yang Tidak Kita Inginkan

Hadapi penghinaan dan tekanan terus menerus akan tingkatkan frekuensi perasaan pilu dan melankolis yang akan menuju kepada terjadinya tekanan pikiran dan tekanan mental pada korban cyber bully. Perasaan senang akan susah dialami sebab terkikis oleh bermacam peristiwa kurang baik yang dirasakan.

Kehabisan Rasa Percaya Diri

Akibat-Umum-Cyber-bullying2

Kepercayaan terhadap diri sendiri lama  – lama akan menghilang saat menghadapi bullying. Image positif terhadap diri sendiri pula dapat terkikis dan membuat korban memandang negatif dirinya sendiri. Merasa diri tidak berharga dan tidak pantas ditolong, dan bermacam pemikiran dan perasaan negatif yang lain.

Paranoid

Akibat-Umum-Cyber-bullying3

Takut dan senantiasa merasa tidak nyaman merupakan akibat lain dari cyber bully. Para pelakon bully bisa kapan saja merambah ruang individu korbannya lewat akses dari telepon genggam maupun internet yang ada di pc, sehingga korban bullying tidak sempat merasa benar – benar dapt istirahat dari teror tersebut. Paranoid ialah salah satu dari berbagai – berbagai kendala jiwa yang dapat terjalin pada manusia.

Menjadi Pelaku

Akibat-Umum-Cyber-bullying4

Seseorang korban dapat saja jadi pelakon buat mempertahankan diri maupun cuma hanya meniru. Dia tentu ketahui apa yang bisa dijadikan target oleh para pelakon cyber bully dan bergeser meniru para pelakunya. Dapat saja dengan alibi supaya dirinya dikira kokoh dan bebas dari penindasan lebih lanjut, maupun kehabisan nilai– nilai moralnya sendiri.

Kendala Kesehatan

Akibat-Umum-Cyber-bullying5

Keadaan raga juga dapat pula terbawa  – bawa oleh tekanan pikiran yang dialami akibat jadi korban bullying. Penyakit– penyakit semacam kendala jantung, tekanan darah besar ataukendala pencernaan dapat dialami oleh para korban bullying.

Dapat pula efeknya berbentuk ketahanan badan yang menyusut sehingga gampang terserang penyakit flu, sakit kepala, dan lain sebagainya. Perihal ini akan terjadi bila korban bullying tidak mencari metode melenyapkan beban pikiran dengan pas.

Prestasi yang Menurun

Sebanyak 47% Anak Merasa Bosan di Rumah, Berikut Cara Mengatasinya

Hilangnya atensi dan konsentrasi terhadap pelajaran sekolah pula bisa jadi salah satu akibat dari cyber bully. Perihal itu diakibatkan sebab si korban sangat fokus kepada gimana metode buat mengakhiri rundungan yang diperuntukan kepadanya, maupun pula sudah letih dan kehabisan semangat buat menempuh aktivitasnya satu hari– hari.

Jadi Agresif

Akibat-Umum-Cyber-bullying6

Salah satu akibat yang lain merupakan pergantian kepribadian. Area yang dipadati oleh orang– orang yang bertemperamen kasar secara tidak langsung akan ikut berikan pengaruh ke alam bawah sadar seorang sampai dia juga jadi orang yang kasar perilakunya.

Semua itu dapat terjadi sebagai hasil dari mekanisme pertahanan diri dan usaha membela diri sendiri. Oleh karena ini mulai dari sekarang hentikan bullying. Jangan sampai ha ini terjadi kepada orang – orang terdekat anda.

Melakukan aksi Kriminal

Akibat-Umum-Cyber-bullying7

Sebagai wujud pelampiasan akan bullying dan kekerasan sosial yang dialaminya, seorang korban cyber bully dapat jadi malah akan jadi pelakon dari aksi kriminal. Contohnya ikut dan dalam perkelahian, kecanduan obat terlarang, jadi seseorang peminum, aksi vandalisme, dan banyak lagi.

Demikianlah informasi terkait dampak Cyber Bullying. Semoga artikel ini bisa mendatangkan manfaat untuk Anda yah.

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?