Daftar Film Pendidikan
Sering Kehilangan Semangat Belajar? Tonton Daftar Film Pendidikan Paling Recommended
June 7, 2021
Tradisi Menghafal Didalam Pendidikan
Tradisi Menghafal Didalam Pendidikan, Bagaimanakah Perannya
June 9, 2021

Keindahan Cahaya Aurora yang Hanya Bisa Ditemukan di Kutub

Keindahan Cahaya Aurora memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya, untuk bisa menikmati keindahannya hanya bisa dilakukan di kutub saja. Itulah sebabnya, masyarakat Indonesia tidak bisa menikmati keindahannya. Dan hanya bisa melihat keindahannya melalui video-video di internet ataupun dengan melakukan kunjungan langsung ke Kutub.

Cahaya Aurora di Kutub sendiri menjadi salah satu fenomeda alam dimana berupa cahaya yang menari-nari di langit malam. Cahaya yang ditampilkan sendiri ternyata sangat dramatis dan magis sehingga mampu mempesona siapa saja yang melihatnya. Adapun warna cahaya yang ditampilkan didominasi oleh warna hijau dan pink. Tetapi ada pula yang berwarna kuning, merah, hijau, biru hingga ungu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aurora inipun hanya bisa dilihat secara langsung di kutub utara dan selatan bumi. Adapun aurora yang bisa dilihat seperti Aurora Borealis di kutub Utara. Sedangkan di kutub selatan adalah Aurora Australis yang tidak kalah cantik keindahannya.

Bagaimanakah Proses Terbentuknya Cahaya Aurora?

Keindahan Cahaya Aurora yang Hanya Bisa Ditemukan di Kutub

Pastinya anda juga penasaran bukan bagaimanakah terbentuknya Cahaya Aurora di Kutub tersebut? adapun proses terbentuknya disebabkan karena benturan partikel gas di atmosfer bumi serta partikel muatan yang sudah dilepaskan atmosfer matahari.

Ketika aktivitas matahari meningkat, maka partikel muatan dari matahari akan langsung masuk ke magnetosfer dan mempengaruhi arus didalamnya. Partikel muatan itulah nantinya akan membutuhkan waktu hingga 40 jam agar bisa mencapai bumi. Berkat adanya perubahan arus itulah akan memicu terjadinya badai geomagnet dan gangguan yang terdapat pada ionosfer.

Pada saat partikel muatan memasuki ionosfer dan melakukan interaksi dengan partikel yang ada, maka akan langsung menghasilkan cahaya yang sangat cantik dan berpendar. Adapun cahaya tersebut dikenal dengan aurora.

Cahaya Aurora itu sendiri ternyata dipengaruhi oleh tipe partikel gas yang saling bertabrakan. Sebagai contohnya, warna hijau dominan merupakan hasil benturan partikel dari gas oksigen yang berada di ketinggian 96,5 km diatas permukaan bumi. Sedangkan warna merah sendiri dapat terbentuk apabila oksigen di ketinggian 321 km.

Dimana dan Kapan Melihat Aurora Terbaik?

Perlu diingat lagi bahwa keindahan Aurora memang hanya bisa dilihat di kutub Utara maupun Selatan bumi. Baik Aurora yang terjadi pada kutub Utara dan Selatan akan terjadi dalam waktu bersamaan bahkan mempunyai bentuk dan warna serupa.

Untuk anda yang ingin melihat keindahan aurora borealis maka bisa langsung datang ke Yukon, Alaska, Nuvanut dimana berada di Barat Laut Kanada. Atau bisa juga mengamatinya di bagian selatan dari Greenland dan Islandia.
Baca Juga : Menjelajahi Berbagai Macam Sumber Daya Alam Di Eropa

Sedangkan kapan bisa melihat keindahannya juga tidak boleh sembarangan. Sebab aurora terjadi secara siklus yang mana cahaya paling terlihat terang akan terjadi setiap 11 tahun sekali. Adapun periode puncak terbaik berikutnya diperkirakan akan terjadi ketika bulan juli 2025. Masih lama bukan? nah, anda bisa langsung mempersiapkannya sejak jauh hari jika ingin melihat keindahannya langsung.

Untuk bisa menikmatinya, anda juga harus datang ketika malam hari ke tempat-tempat yang jauh dari kawasan perkotaan atau di area dengan langit malam tanpa polusi. Dengan begini, keindahannya bisa dinikmati dengan puas. Bagi masyarakat Indonesia sendiri memang tidak bisa melihat keindahannya. Mengingat letak geografis Indonesia yang berada di garis Khatulistiwa.

Keindahan aurora memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Fenomena alam ini memang sudah sangat popular sejak lama. Jika anda ingin melihat keindahan langsung cahaya aurora, maka bisa langsung menunggunya hingga tahun 2025 nanti.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?