Cara Mengatasi Berita Hoax 6
6 Cara Mengatasi Berita Hoax Agar Tidak Mudah Terpancing
May 29, 2021
Sejarah Tempe di Indonesia
Mengulas Sejarah Tempe di Indonesia dan Manfaat untuk Tubuh
June 4, 2021

Kenali Jenis Nyamuk Demam Berdarah Ini Berdasarkan Ciri-Cirinya

Kenali Jenis Nyamuk Demam Berdarah Ini Berdasarkan Ciri-Cirinya

Ada beberapa binatang yang bisa menyebabkan penyakit mematikan pada manusia, salah satunya adalah nyamuk. Salah satu jenis nyamuk yang cukup berbahaya adalah Aedes Aegypti. Nyamuk ini termasuk jenis nyamuk demam berdarah yang meresahkan, terutama untuk anak-anak yang masih aktif bermain ke sana kemari. Agar lebih waspada, Anda harus mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah ini dibandingkan jenis nyamuk lainnya.

4 Ciri-Ciri dan Jenis Nyamuk Demam Berdarah

Bentuk dan warna nyamuk
4 Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Cara termudah untuk bisa melihat nyamuk demam berdarah atau bukan ialah mengamati bentuk serta juga warnanya. Ciri dari nyamuk ini adalah berukuran kecil dan memiliki warna hitam dengan loreng putih pada seluruh tubuh. Jika Anda melihat nyamuk dengan ciri tersebut, bisa dipastikan itu adalah nyamuk penyebab demam berdarah.

Nyamuk demam berdarah mempunyai kemampuan terbang sejauh 400 meter dan setinggi 100 meter. Dengan begitu, jarak jangkau penularannya bisa dikatakan cukup jauh dari sarangnya. Oleh karena itu, Anda perlu waspada ketika melihat nyamuk ini.

Membawa virus dengue
4 Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah 2

Virus dengue adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Diketahui ada empat jenis virus tersebut, yakni DEN-1 hingga DEN-4. Di Indonesia, virus dengue ditularkan oleh nyamuk betina Aedes Aegypti sebagai pembawa virus utama dan Aedes Albopictus sebagai pembawa virus sekunder. Nyamuk ini mempunyai sifat antropofilik, yakni lebih memilih menghisap darah manusia dibandingkan makhluk lain.
Baca Juga : 5 Hal Penting Dalam Program Kesehatan Sekolah

Sifat multiple feeding inilah yang bisa membuat besar penularan pada demam berdarah di kawasan perumahan dengan penduduk yang lebih padat. Sebabnya, satu nyamuk saja yang membawa virus ini dalam satu jangka waktu bisa menularkan hingga ke berbagai orang.

Suka berada di air yang jernih
4 Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah 2

Salah satu sifat nyamuk ini adalah senang bersarang dan berkembang biak di air yang jernih. Bahkan, nyamuk ini juga kerap ditemukan berkembang biak di dalam rumah, khususnya di penampungan air seperti talang air, vas bunga, bak mandi, dan juga tempat minum binatang peliharaan. Selain itu, nyamuk ini juga suka bersembunyi di sudut rumah dengan cahaya yang minim.

Lebih aktif di pagi dan sore hari

Lalu kapan waktu nyamuk ini paling aktif? Jawabannya adalah di pagi dan sore hari. Mereka akan mencari mangsa sekitar 2 jam sesudah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan nyamuk ini akan menyerang di siang dan malam hari. Gigitan dari nyamuk ini terkadang bahkan tidak disadari karena lebih sering menggigit bagian pergelangan kaki atau siku.

Cara Mencegah Perkembangan Nyamuk Demam Berdarah

Menurut Kemenkes Republik Indonesia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangan nyamuk penyebab demam berdarah ini. Cara ini kerap disebut dengan istilah 3M.

Yang pertama adalah menguras penampungan air. Penampungan ini seperti drum, bak mandi, atau benda lain yang bisa menampung air. Hal ini bertujuan agar telur nyamuk yang menempel bisa dibasmi. Lakukan pengurasan ini lebih sering ketika musim hujan tiba.

Yang kedua adalah menutup rapat tempat penampungan air. Selain rutin dikuras, sebisa mungkin tutup semua tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa bertelur.

Cara yang terakhir adalah mengubur barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai ke dalam tanah. Cara ini bertujuan agar lingkungan tidak kumuh karena dipenuhi barang yang sudah tidak terpakai.

Dengan memahami ciri jenis nyamuk demam berdarah dan cara mengatasinya, kini Anda bisa mencegah penularan penyakit ini di lingkungan sekitar. Dengan begitu, keselamatan orang-orang tercinta akan lebih terjamin.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?