Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap 1
Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap
May 28, 2021
Cara Mengatasi Berita Hoax 6
6 Cara Mengatasi Berita Hoax Agar Tidak Mudah Terpancing
May 29, 2021

Selain Kurang Tidur, 4 Hal Ini Juga Bisa Memunculkan Mata Panda

Selain Kurang Tidur, Hal Ini Juga Bisa Memunculkan Mata Panda

Ketika seseorang kekurangan tidur, biasanya mereka akan mengalami gejala berupa lingkaran hitam pada bagian sekitar mata. Peristiwa ini juga kerap disebut dengan mata panda. Bagi sebagian orang, mata panda ini cukup mengganggu penampilan dan bisa menyebabkan rasa percaya diri menurun. Penyebab umum dari mata panda adalah karena manusia kurang tidur. Akan tetapi, ada beberapa penyebab lain yang juga bisa mempengaruhi selain kurang tidur.

Kenapa Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Mata Panda ? 

Kurang tidur atau biasa disebut dengan insomnia memang disinyalir bisa menyebabkan munculnya lingkaran di area mata yang terlihat menonjol. Hal ini dapat terjadi karena ketika seseorang kekurangan tidur, maka pembuluh darah di area bawah kulit mata yang tipis akan membesar dan menimbulkan warna yang gelap seperti mata panda.
Baca Juga : Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap

Seperti yang diberitakan oleh Everyday Health, bahkan terkadang rasa lelah juga dapat menyebabkan kulit di bawah mata tampak bengkak dan hitam. Seorang dokter kulit bernama Susan Van Dyke mengatakan bahwa cairan dapat bocor ke daerah kulit dan bisa menyebabkan area mata bengkak. Walaupun pada dasarnya hal ini bisa dialami semua orang, namun peristiwa ini paling sering terjadi pada orang yang sudah berusia tua.

Penyebab Lain Mata Panda

  1. Mata lelah

Tidak hanya kekurangan waktu tidur saja, terlalu lama beraktivitas di depan layar komputer atau ponsel juga bisa menyebabkan munculnya mata panda. Hal ini karena mata yang terus-menerus bekerja akan menjadi lelah dan otot di sekitar mata menjadi tegang. Ketegangan ini akan membuat pembuluh darah menjadi membesar dan membuat kulit sekitar mata menjadi gelap.

  1. Faktor usia

Tidak bisa dipungkiri bahwa usia juga turut berpengaruh terhadap kemunculan mata panda. Kejadian ini bukan tanpa alasan. Ketika seseorang mulai menua, kulit akan semakin menipis. Tak hanya itu, produksi kolagen dan lemak di sekitar area mata juga akan menurun. Kondisi inilah yang akan memperburuk kasus mata panda yang terjadi.

  1. Terlalu sering terpapar sinar matahari

Orang yang terlalu sering bekerja di bawah sinar matahari memiliki kemungkinan lebih besar mengalami mata panda. Apalagi jika orang tersebut tidak memakai pelindung kepala seperti helm atau topi. Hal ini dikarenakan sinar matahari akan merangsang tubuh untuk memproduksi melanin, yaitu zat pewarna pada kulit sehingga kulit akan menjadi lebih gelap. Selain itu, sinar matahari juga akan merangsang pemecahan kolagen yang membuat kulit menjadi lebih tipis.

  1. Penipisan kulit atau hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi juga dapat menjadi penyebab munculnya mata panda. Kasus ini merupakan kondisi ketika tubuh memproduksi melanin lebih banyak yang membuat kulit menjadi gelap. Selain itu, penipisan kulit yang terjadi di sekitar mata juga akan membuat pembuluh darah menjadi terlihat lebih nyata sehingga mata panda akan terlihat jelas.

Cara Mengatasi Mata Panda

Cara terbaik untuk mengatasi mata panda adalah dengan tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Ada beberapa cara lain yang juga bisa dilakukan seperti mengompres mata dengan handuk basah, menggunakan irisan timun, memakai pelindung kepala ketika beraktivitas di luar ruangan, atau menutupi dengan make up.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa mata panda bisa muncul. Dari beberapa penyebab di atas, yang paling sering terjadi adalah karena kurang tidur. Oleh karena itu, akan lebih baik jika mulai dari sekarang waktu tidur lebih diperhatikan lagi dan kurangi begadang jika tidak benar-benar ada kepentingan.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?