Global Kids School: Sekolah Online untuk Anak Anda
Global Kids School: Sekolah Online untuk Anak Anda di 2020
August 3, 2020
Apakah-Indonesia-Siap-Membuka-Kegiatan-Belajar-Mengajar
Apakah Indonesia Siap Membuka Kegiatan Belajar Mengajar?
August 5, 2020

Manfaat School From Home di saat Pandemi

Manfaat School From Home di saat Pandemi

Salah satu cara dunia meminimalkan penyebaran Covid 19 adalah dengan lockdown. Pekerjaan dibatasi, beribadah dibatasi, aktivitas sehari-hari di luar rumah dibatasi, dan sekolah pun dibatasi. Dari permasalahan ini lah muncul istilah shcool from home dan work from home.

 

Kita bisa bekerja di rumah dan belajar dari rumah. Masing-masing memiliki manfaat, dan berikut adalah beberapa manfaat belajar di rumah di tengah pandemi.

 

5 Manfaat School From Home Saat Pandemi

 

  1. Mengurangi Kontak dengan Orang Lain

 

Tentu saja dengan belajar dari rumah, kita jadinya tidak bertemu dengan orang lain kecuali keluarga kita. Dengan begitu kita juga membantu pemerintah meminimalkan risiko jumlah Covid 19 yang positif bertambah. Meskipun banyak yang pro contra, tapi karena kasusnya masih tergolong baru, ini lah satu-satunya cara pemerintah menjaga kita.

 

Dibanding dengan sekolah dengan tatap muka, online learning dengan sekolah dari rumah tentu saja kalah telak. Belajar dari rumah ini hanyalah sementara, jadi bersabarlah.

 

  1. Menjaga Rutinitas Belajar Siswa Tetap Terjaga

 

Sekolah bisa saja membiarkan siswa-siswinya libur tanpa harus belajar di tengah pandemi ini. Tapi hal tersebut tidak boleh terjadi, otak harus diasah supaya tajam.

Pembelajaran dari rumah yang diajarkan secara online akan membantu para siswa tetap sesuai pada rutinitas sehari-harinya. Darimulai tidur, makan, bermain, belajar, memakai seragam, menulis di buku dan sebagainya.

 

Jadi meskipun pandemi, kehidupan siswa-siswi tetap normal seperti biasanya. Yang berbeda cuma cara mereka berkomunikasi, tidak bertemu langsung.

 

  1. Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua

 

Jika pelajarnya sudah kuliah, tentu beda lagi urusannya. Tapi jika siswa-siswi di sini adalah anak-anak TK, SD, SMP, SMA, perhatian orang tua dibutuhkan untuk mengontrol anak-anak agar tetap mengikuti jadwal school from home yang berlaku.

 

Orang tua memang akan bekerja lebih ekstra, tapi jangan mengeluh soal hal itu. Sebab di sini orang tua bisa mempererat hubungannya dengan si anak, mereka bisa semakin mengenal anak, dan anak pun memperoleh perhatian yang cukup.

 

  1. Orang Tua Bisa Tahu Potensi dari si Anak

 

Orang tua bisa melihat potensi apa yang anaknya miliki hanya dengan melihat bagaimana si anak belajar dan melakukan aktivitas sehari-hari lewat pantauan kalian.

Contoh-contoh potensi anak bisa meliputi:

 

  • Logical: menyukai hal-hal yang berhubungan dengan angka dan hitung menghitung
  • Linguistik: tertarik dengan ilmu bahasa, suka berkomunikasi dan menulis
  • Musical: memiliki kemampuan untuk mengekspresikan diri, suka mengamati, menikmati, memahami dan menciptakan musik
  • Moral: potensi di mana si anak mampu mengontrol emosi
  • Visual Spasial: ini adalah jenis kecerdasan orang untuk memvisualisasikan, memanipulasi dan mudah memahami sesuatu yang berhubungan dengan peta, grafik, video dan gambar
  • Body Kinestetik: senang melakulan aktivitas tertentu, suka melakukan aktivitas fisik dan olahraga
  • Interpersonal: memahami orang lain dan bisa berbagi dengan orang sekitar
  • Natural: cinta dengan alam dan mudah bergaul dengan orang lain

 

  1. School From Home Membuat Siswa-Siswi Belajar Lebih Keras

 

Sadar atau tidak, kapasitas yang siswa-siswi terima selama belajar di rumah lebih banyak daripada menerima pelajaran di sekolah. Selain itu, waktu belajar dari rumah memakan waktu lebih sebentar daripada di sekolah. Pembelajaran kita dipenuhi oleh tugas dan tugas, anak-anak pun bisa memaksimalkan belajarnya mereka lewat tugas-tugas yang diberikan tadi.

 

Kendati demikian, belajar di sekolah dan di rumah lebih unggul belajar di sekolah. Belajar di rumah hanyalah metode yang kita ambil sementara, jadi bertahanlah untuk tetap belajar dengan school from home di tengah pandemi ini daripada tidak melakukan apa-apa.

 

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?