4 Tips Aman Berinternet untuk Anak Anda
4 Tips Aman Berinternet untuk Anak Anda
August 11, 2020
Anggaran Pendidikan 2021 Bermanfaat untuk Kualitas SDM
Anggaran Pendidikan 2021 Bermanfaat untuk Kualitas SDM
September 8, 2020

Mengenal Apa Pengertian Konsep Pembelajaran

Mengenal Apa Pengertian Konsep Pembelajaran

Sebelum mengetahui pengertian dari konsep pembelajaran, ada baiknya Anda mengetahui apa itu belajar dan bagaimana konsepnya karena kita akan memulai semua penjelasan ini dari awal. Mengingat pembelajaran merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan belajar dan berkembangnya belajar pada diri siswa.

Jadi keduanya memiliki kaitan, entah itu belajar dan pembelajaran, keduanya saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan.

 

Apa Itu Konsep Pembelajaran?

 

Belajar adalah suatu istilah yang kita semua tahu maksudnya bagaimana tapi rasanya cukup sulit diutarakan dalam kata-kata. Banyak para ahli mengartikan kata ini, seperti yang diungkapkan oleh T. Raka Joni (1981),

 

“Belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi karena disebabkan oleh matangnya seseorang atau disebabkan oleh perubahan seseorang yang bersifat temporer.”

 

Sementara dalam pengertian luasnya menurut Anita E. Woolfolk,

 

“Belajar terjadi ketika pengalaman menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada individu.”

 

Dan menurut Abidin Syamsudin,

 

“Belajar adalah perbuatan yang menghasilkan perubahan pengetahuan, pribadi dan perilaku seseorang. Perubahan tersebut bisa berwujud penambahan pengetahuan, pengayaan, perilaku atau kepribadiannya.”

 

Dari berbagai pengertian tersebut, bisa kita simpulkan bahwa tujuan dari belajar adalah supaya kita dapat menghasilkan perubahan pengetahuan baru, keterampilan, dan pribadi anak seseorang sesuai dengan yang diharapkan.

 

Dengan melalui beberapa proses, seseorang bisa memperoleh hal bermanfat dari kegiatan ini. Adapun beberapa prosesnya:

 

  • Proses memperoleh informasi: membaca, mendengar, melihat
  • Proses mentransformasi pengetahuan: informasi yang diterima akan disaring sesuai dengan kebutuhan
  • Proses evaluasi: di sini kita mengecek apakah informasi yang kita dapat sesuai dengan apa yang kita butuhkan atau tidak

 

Sampai di sini pengertian dari konsep belajar sudah selesai. Sekarang ganti pembahasan dengan memahami konsep pembelajaran.

 

Apa Itu Konsep Pembelajaran?

konsep pembelajaran

Jika belajar adalah kegiatan, maka pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar bagi para siswa. Jadi konsep belajar itu akan sulit berjalan jika konsep pembelajaran tidak ada.

 

Supaya aktivitas belajar berjalan dengan semestinya, konsep pembelajaran harus dikembangkan, disusun, dan dirancang dengan kreatif agar murid tidak bosan. Pokoknya harus dibuat semenarik mungkin, jangan sampai dalam proses belajar mengajar murid-murid merasa tidak tertarik dan mengabaikan proses pembelajaran ini karena konsep pembelajarannya tidak menarik.

 

Tujuan dari pembelajaran sendiri agar murid-murid memperoleh ilmu pengatahuan, kemahiran, tabiat, sikap percaya diri, dan hal-hal baik lainnya.

 

Supaya aktivitas ajar mengajar lebih menarik, butuh beberapa strategi. Sebagai guru atau sekolah, tentu kita harus berpikir keras untuk melakukan hal-hal yang membuat murid-murid kita nanti melakukan aktivitas belajar.

 

Untuk kegiatan pembelajarannya sendiri kita bisa melakukan beberapa hal berikut,

 

  • Mengajar
  • Membimbing
  • Melatih
  • Mengatur
  • Memfasilitasi

 

Kegiatan-kegiatan di dalam aktivitas pembelajaran harus kita lakukan semuanya supaya tujuan dari pendidikan bisa tercapai dengan baik.

 

Dari penjelasan ini, kita bisa tahu bahwa belajar itu penting, tapi tidak semua serta merta akan melakukan aktivitas belajar. Dan dengan konsep pembelajaran ini lah, kita bisa menarik murid-murid untuk melakukan aktivitas belajar.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh pembelajaran menyenangkan untuk para siswa.

 

  • Pembelajaran Kontekstual Learning
  • Pembelajaran berbasis pengalaman (Experience Learning)
  • Pembelajaran Inquiry
  • Pembelajaran Berbasis Masalah
  • Pengajaran Alam Sekitar
  • Pembelajaran Tipe Games (bermain sambil belajar)
  • Diskusi Kelompok atau Kerja Kelompok

 

Itulah ketujuh contoh pembelajaran yang bisa Anda lakukan pada aktivitas mengajar seorang guru.

Konsep pembelajaran harus ditata dengan baik, karena proses pembelajaran sangat berpengaruh pada kegiatan belajar peserta didik. Konsep pembelajaran yang menarik ada di sekolah, sekolah dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak – anak. Ada sebuah sekolah, namanya GKS (Global Kids School), cara pembelajaran mereka sangat menarik sehingga dapat membuat anak – anak terasah kreativitas dan kemandiriannya dalam proses pembelajaran.

 

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?