Akibat-Umum-Cyber-bullying4
Jangan Sesekali Melakukan Cyber bullying, Inilah Akibatnya Ke Korban
April 25, 2021
ikut sekolah tatap muka
Bagaimana Kesiapan Sekolah Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka?
April 29, 2021

Menjelajahi Berbagai Macam Sumber Daya Alam Di Eropa

sumber daya alam

Secara nyata dapat dilihat dengan jelas bahwa wilayah Benua Eropa dan Benua Asia sebenarnya menyatu, yakni beberapa daerah di semenanjung seperti semenanjung Skandinavia, Itali, Iberia, dan daratan utama Eropa Balkan merupakan gabungan dari beberapa daerah lainnya.

Eropa merupakan benua yang memiliki daratan yang paling rendah di dunia, dengan ketinggian rata-rata hanya sekitar 300 M saja. Laut Mediterania atau yang akrab dikenal dengan sebutan Laut Tengah merupakan perbatasan yang membatasi antara Benua Eropa dengan Benua Afrika.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Benua Asia dan Benua Afrika merupakan wilayah yang terkenal memiliki kekayaan alam dan penghasil sumber enegeri terbesar di dunia dalam bidang pertanian dan pertambangan. Maka tak heran jika kedua benua ini mempunyai banyak kemiripan dalam berbagai bidang.

Sumber kekayaan alam yang melimpah pada sektor pertambangan dan pertanian tidak hanya terdapat di Benua Afrika dan Asia, Benua Eropa juga memiliki potensi sebagai sumber energi alam terbesar di dunia.

Karena kekayaan alamnya, Benua Eropa sering dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata karena memiliki keindahan alam, budaya, serta lanskap kotanya. Tak hanya mempunyai destinasi wisata yang menarik, Benua Eropa pun mempunyai sumber daya yang melimpah. Berikut akan diuraikan mengenai berbagai macam potensi sumber daya alam Benua Eropa:

Sektor Pertanian

Benua Eropa memiliki dua jenis iklim yaitu iklim mediterania dan  iklim pantai laut barat. Iklim mediterania terdiri dari dua musim yakni iklim musim panas yang tidak memiliki hujan sama sekali serta suhu yang akan sangat panas, serta iklim musim dingin yang disertai hujan namun tetap hangat.

Sedangkan untuk iklim pantai laut barat  pun mempunyai dua musim yaitu musim panas serta  musim dingin yang tidak terlalu ekstrem dan ringan. Karena kondisi iklim yang demikian, masyarakat di Benua Eropa dapat mengembangkan sumber daya alam seperti tumbuhan serealia (sereal), gandum, barley, terigu, kacang, tembakau, dan jagung.

Kondisi pertanian di Eropa bisa dikatakan sangat maju karena memiliki lokasi yang bagus yakni di daerah lembah sungai-sungai besar antara lain di lembah Sungai Rheine di Jerman dan Sungai Seine dan Sungai Rhone di Perancis.

Sektor Pertambangan

Eropa dikenal sebagai rumah bagi perusahaan tambang besar di dunia dengan sumber daya alam berupa biji besi sebagai hasil pertambangan utamanya. Biji besi banyak terdapat di Eropa berada di wilayah Hungaria, Serbia Montenegro (Yugoslavia), Perancis, dan Yunani. Selain itu, perak, kromium, seng, timbal, dan tembaga juga merupakan lima komoditas logam utama yang dihasilkan di pertambangan Eropa.

Mineral yang dihasilkan di pertambanganEroap juga bervariasi mulai dari magnesit, kalium karbonat, asbes, diatomit, bentonit, grafit, sulfur, garam, feldspar,gypsum, dan kaolin. Sedangkan hasil batu bara banyak ditemukan di Jerman, Rusia, Perancis, Cekoslovakia, dan Inggris.

Sektor Perikanan

Letak wilayah Benua Eropa yang berada di wilayah strategis yakni sekitar samudera Atlantik, Laut Tengah, dan Laut Utara memungkinan perkembangan di sektor perikanan. Rusia, Irlandia, Norwegia, Inggris, dan Islandia merupakan wilayah dengan penghasil ikan Haring terbanyak.

Sementara itu wilayah laut yang memiliki potensi penghasil ikan terbesar di Eropa ialah di laut atlantik barat, laut atlantik timur, laut altantik timur tengah, laut mediterania dan laut hitam, laut atlantik barat daya, laut antlantik tenggara, serta samudra hindia bagian barat.

Sedangkan hasil perikanan lain seperti ikan sarden, makarel, serta berbagai spesies tiram, kakap, tuna, salmon, sprat, halibut, kerang, dan cod dihasilkan setiap tahunnya sekitar 4,9 juta ton pda tahun 2019 di Benua Eropa.

Sektor Perhutanan

Eropa merupakan penghasil berbagai jenis produk seperti tanaman obat, gabus, kayu, truffle, madu, dan jamur. Hal ini disebabkan karena wilayah di Benua Eropa sebagian besar ditutupi oleh hutan yang memiliki iklim sedang sehingga produksi pada sektor perhutanan sangat bervariasi.

Itulah tadi beberapa sumber daya alam Benua Eropa sangat sangat melimpah, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?