pendidikan pancasila
Perdebatan Terkait Hilangnya Pendidikan Pancasila Dari Standar Nasional Pendidikan
May 5, 2021
Cemilan Buka Puasa, Dari yang Jadul Sampai Kekinian
Cemilan Buka Puasa, Dari yang Jadul Sampai Kekinian
May 10, 2021

Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Keluarga Tercinta

Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Keluarga Tercinta

Menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban umat muslim di seluruh dunia, selama 30 hari penuh menahan lapar dan haus seharian penuh tentu perlu asupan gizi yang lengkap melalui menu buka puasa yang sehat untuk mengembalikan energi.
Baca Juga : Inilah Ide Ucapan Ramadhan Terbaru di Tahun 2021

Terkadang, rasa enak dan porsi besar dianggap sesuatu yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka. Padahal, Anda juga perlu memastikan apakah menu tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini beberapa menu yang bisa dipilih untuk berbuka yang sehat supaya puasa tetap lancar selama bulan Ramadhan.

 

Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Dewasa

Saat berbuka puasa, janganlah langsung mengkonsumsi makanan berat. Hal ini, untuk mencegah terkejutnya lambung setelah seharian istirahat yang bisa mengakibatkan penyakit pencernaan. Makanya dipilih menu buka yang ringan namun tetap bergizi. Untuk dewasa, disarankan untuk mengkonsumsi beberapa pilihan menu berikut ini.

  • Kurma

Rasulullah SAW memberikan teladan untuk berbuka dengan kurma. Gula alami di dalamnya akan memasok energi tambahan untuk tubuh setelah seharian berpuasa. Mineral penting di dalamnya juga akan membantu mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih kuat, sebelum lanjut makan besar usai melaksanakan ibadah shalat.

  • Smoothies

Minuman yang terdiri dari perpaduan buah dan susu ini bisa juga jadi pilihan, karena punya rasa yang enak dan rendah serat. Alhasil, lambung akan lebih nyaman mengolahnya. Anda bisa membuatnya dengan proses penghalusan maksimal dan pemilihan bahan sesuai selera.

  • Sup

Seharian berpuasa tentu tubuh membutuhkan cairan yang cukup, selain air putih dan teh manis, sup juga dapat menjadi menu berbuka yang tepat untuk mencukupi kembali kebutuhan cairan tersebut. Apalagi jika ditambah bahan bergizi lainnya seperti wortel daging ayam dan lainnya.

  • Telur Rebus dan Alpukat

Tekstur keduanya sangat lembut, jadi tidak akan membuat lambung terpaksa untuk mencernanya. Anda bisa membuat salad alpukat telur rebus dengan sedikit garam, pastinya akan nyaman di perut.

 

Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Anak-Anak

Untuk buah hati yang sudah mulai berpuasa, Anda juga perlu mempersiapkan menu berbuka sehat yang disukainya. Sehingga selain memenuhi gizinya, juga membuat anak semangat untuk berbuka. Beberapa pilihan menu yang disarankan adalah:

  • Salad Buah

Menu salad buah yang memadukan buah segar dengan yoghurt, susu, dan keju bisa menjadi pembuka puasa yang menyehatkan bagi buah hati Anda. Apalagi bagi yang seharian beraktivitas maksimal. Tentu perlu energi untuk memulihkan kembali kondisinya. Anda bisa pilih buah yang disukai anak agar dia lebih semangat saat mengkonsumsi salad buah.

  • Puding Buah

Puding buah akan membuat perut nyaman saat mengkonsumsinya, apalagi perut anak yang kondisinya masih sangat rentan mengalami masalah jika salah mendapat asupan makanan. Anda bisa memilih puding dengan rasa yang disukai anak, sehingga fungsi puding untuk mengembalikan kinerja lambung bisa lebih maksimal karena anak akan semangat memakannya.

  • Bento

Cobalah Anda buat menu makanan ala bento Jepang, dimana nasi, lauk, sayur ditata dengan unik di kotak nasi khusus. Anak akan suka memakannya karena porsinya tidak akan terlalu besar, dan cukup untuk menambah gizi dan nutrisi saat berbuka. Tinggal pilih sayuran dan protein favorit buah hati Anda untuk mengisi kotak bentonya.

  • Macaroni Panggang

Aroma keju yang maksimal dari macaroni panggang akan menggugah selera si kecil saat berbuka. Tekstur creamy dan gizi yang lengkap juga akan memastikan tubuh si kecil kembali bertenaga usai seharian berpuasa.

 

Itulah deretan menu buka puasa yang sehat untuk Anda coba di rumah, dijamin akan membuat kesehatan terjaga dan asupan gizi terpenuhi selama berpuasa. Ingat! Jangan makan dalam porsi besar, supaya kondisi pencernaan tetap sehat.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?