Penerimaan Siswa Baru

Prosedur penerimaan siswa baru di GKS adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar ke Bagian Penerimaan Siswa;
  2. Mengikuti trial;
  3. Apabila diperlukan, Sekolah akan melakukan lebih dari 1 hari trial;
  4. Mengundang orang tua untuk wawancara mengenai calon siswa yang bersangkutan;
  5. Menyerahkan hasil pemeriksaan psikologis calon siswa (jika dibutuhkan);
  6. Melengkapi syarat administrasi.

Adapun tujuan trial secara umum adalah untuk mendapatkan profil calon siswa secara menyeluruh, antara lain segi kemandirian, kemampuan beradaptasi, akademis. Kriteria penerimaan lebih didasarkan pada kesiapan, motivasi calon siswa dan orang tua untuk mengikuti semua sistem dan aturan pendidikan di GKS. Jika Sekolah masih membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai calon siswa maka Sekolah akan meminta calon siswa untuk mengikuti trial ulang.

Setelah dinyatakan diterima, terdapat surat ketentuan yang perlu disepakati oleh orang tua mengenai program yang akan dijalankan. Hasil trial diberitahukan kepada orang tua melalui telepon dan surat setelah orang tua melengkapi seluruh persyaratan yang diminta oleh Sekolah. Hasil pemeriksaan psikologis ditujukan untuk mendapatkan profil siswa secara utuh. Profil tersebut digunakan Sekolah dalam membantu proses belajar siswa agar optimal.

Apabila siswa pindah dari GKS tanpa pemberitahuan, maka Sekolah memberikan waktu selama 3 (tiga) bulan. Apabila dalam waktu 2 (bulan) bulan tersebut Sekolah tidak mendapat kabar tertulis dari orang tua, maka:

  1. Siswa tersebut dianggap mengundurkan diri dari GKS
  2. Apabila siswa akan bergabung lagi dengan GKS maka siswa tersebut akan dianggap sebagai siswa baru dengan prosedur penerimaan siswa baru yang berlaku saat siswa mendaftar.

UKS (Unit Kesehatan Sekolah)

Sekolah mempunyai Unit Kesehatan Sekolah yang berfungsi untuk menangani siswa yang mengalami gangguan kesehatan ringan selama berada di sekolah. Untuk sementara, UKS bertempat di ruang kelas masing-masing di reading corner. Penanganan yang diberikan bersifat sementara. Jika dirasakan siswa perlu mendapatkan penanganan lebih serius, Unit Kesehatan Sekolah akan merekomendasikan siswa untuk dibawa ke Rumah Sakit terdekat. Sekolah akan menghubungi orangtua guna mendapatkan ijin dan memberikan informasi kesehatan siswa. Biaya yang timbul akan ditanggung oleh pihak-pihak terkait setelah proses pembicaraan terlebih dahulu. Jika siswa dalam keadaan kurang sehat, disarankan tidak masuk sekolah dulu sampai kondisi sehat.

Pemberian  Obat-Obatan

Jika  saat ke sekolah siswa membawa obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter, maka  sekolah berharap orang tua memberikan informasi kepada sekolah mengenai jenis obat-obatan yang dikonsumsi anak melalui  guru kelas.  Adapun hal yang perlu diinformasikan adalah :

  • Takaran obat yang harus diminum
  • Kapan obat tersebut harus diminum
  • Untuk berapa lama obat tersebut diberikan
  • Obat-obatan yang dibawa ke sekolah, diserahkan kepada guru kelas, dan jumlah obat-obatan yang dibawa adalah sesuai dosis penggunaan selama siswa berada di sekolah.
Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?
Powered by