Sejarah Tempe di Indonesia
Mengulas Sejarah Tempe di Indonesia dan Manfaat untuk Tubuh
June 4, 2021
Daftar Film Pendidikan
Sering Kehilangan Semangat Belajar? Tonton Daftar Film Pendidikan Paling Recommended
June 7, 2021

Ini Lho Perbedaan Vegan dan Vegetarian Yang Sering Disamakan

perbedaan Vegan dan Vegetarian

Banyak disamaratakan ternyata terdapat sejumlah perbedaan Vegan dan Vegetarian. Mempunyai pola hidup yang sehat memang sedang popular belakangan ini. Inilah yang ternyata sudah dilakukan oleh banyak masyarakat. Terdapat banyak cara untuk menjalani pola hidup sehat seperti berhenti memakan daging, fast food, junk food, makanan berminyak dan masih banyak lagi.

Adapun pola makan tersebut ternyata sering disebut dengan vegan ataupun vegetarian. Walaupun terdengar sama, tetapi keduanya ternyata berbeda. Vegan dan vegetarian sendiri merupakan pengaturan pola makan melalui jenis-jenis makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Kendati memiliki sejumlah perbedaan, tetapi keduanya tetap memiliki persamaan.
Baca Juga : Ini 5 Manfaat Kacang Ercis Untuk Penelitian

Dimana prinsip utama dari 2 cara menjalani pola hidup sehat diatas adalah menghindari segala bentuk olahan produk hewani. Tetapi masih banyak orang yang memandang apabila gaya hidup tersebut menjadi salah satu metode diet karena memang cenderung rendah lemak jenuh maupun kolesterol. Lantas bagaimana sebenarnya perbedaan vegan dan vegetarian.

Apa Perbedaan Vegan dan Vegetarian?

perbedaan Vegan dan Vegetarian 2

Untuk menjawab pertanyaan seputar vegetarian dan vegan, maka anda wajib untuk mengetahui pengertian dari kedua metode hidup sehat tersebut. Pertama ada vegetarian dimana seseorang yang memilih gaya hidup sehat ini tidak akan memakan daging, unggas, binatang buruan, kerang-kerangan, ikan ataupun produk lainnya yang berasal dari hewan.

Walaupun masih menghindari daging, tetapi para vegetarian ternyata masih mengkonsumsi susu dan telur sesuai dengan menu diet manakah yang dibutuhkan. Disamping itu, seseorang yang memutuskan menjadi seorang vegetarian juga lebih memilih buat mengkonsumsi buah, biji-bijian, sayuran hingga kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya.

Vegetarian inipun ternyata juga masih dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini, penjelasan lengkapnya.

  1. Lacto-Ovo Vegetarian

Dimana merupakan vegetarian yang harus menghindari daging tetapi masih diperolehkan mengkonsumsi susu dan telur.

  1. Lacto Vegetarian

Merupakan seorang vegetarian yang harus menghindari daging dan telur. Tetapi ternyata masih bisa mengkonsumsi produk olahan susu.

  1. Ovo Vegetarian

Merupakan vegetarian yang harus menghindari segala jenis produk yang berasal dari hewan kecuali telur.

  1. Vegan

Merupakan vegetarian yang harus menghindari semua jenis dan bentuk makanan yang berasal dari Hewan. Disamping itu, vegan berbeda dengan vegetarian didalam konteks makanan apa sajakah yang bisa dikonsumsi dan tidak.

Apa itu Vegan? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vegan ini sendiri kurang lebih sama seperti vegetarian. Tetapi bisa diartikan apabila bentuk ketat dari vegetarian. Sebab, seorang vegan memang harus benar-benar menghindari mengkonsumsi semua jenis hewan dan produk yang berasal dari olahan hewani seperti telur, susu, gelatin, carmine, pepsin, madu, lak, whey, kasein dan bentuk vitamin D3.

Vegan inipun dibedakan menjadi beberapa jenis seperti vegan etis dimana tidak mengkonsumsi produk susu dan menghindari penggunaan produk yang berasal dari kulit binatang. Vegan berbasis tumbuhan dimana hanya melanjutkan hidup dengan makanan nabati saja. Serta vegan mentah dimana tidak memakan hasil hewan apapun yang dimasak diatas suhu 115 derajat.

Manakah yang Lebih Sehat?

Walaupun hanya terdapat sedikit perbedaan vegan dan vegetarian, tetapi banyak pula masyarakat yang bertanya manakah yang lebih sehat? tentu saja keduanya memberikan manfaat untuk kesehatan karena keduanya sama-sama mengharuskan konsumsi sayur dan buah.

Jadi bisa dibilang apabila sulit menentukan manakah yang lebih baik dan tidak. Sebab keduanya memang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja, jika anda ingin memiliki pola hidup sehat, anda bisa menentukan sendiri mana yang sesuai kebutuhan.

Vegan dan vegetarian merupakan salah satu pola hidup sehat yang sedang tren belakangan ini. namun, terdapat beberapa perbedaan vegan dengan vegetarian yang wajib untuk anda ketahui.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?