Perpustakaan

Sekolah menyediakan perpustakaan yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan budaya baca bagi seluruh siswa, guru dan staf sekolah. Buku-buku yang tersedia bervariasi, baik berupa buku resource untuk dasar pembelajaran maupun buku referensi lain sebagai pengembangannya.

Masing-masing kelas juga mempunyai perpustakaan kelas untuk menunjang ”Reading & Writing Program”, yang merupakan program membaca setiap hari. Siswa diperbolehkan meminjam buku untuk dibawa pulang secara bergiliran, sesuai dengan jadwal kunjungan yang telah ditentukan.

Sekolah meminjamkan buku perpustakaan sekolah dan perpustakaan kelas. Setiap hari siswa dapat meminjam buku perpustakaan kelas dan harus dikembalikan pada keesokan harinya.

Untuk peminjaman buku perpustakaan sekolah, siswa dapat langsung meminjam di perpustakaan dengan batas waktu yang telah ditetapkan bagian perpustakaan.

Siswa yang belum mengembalikan buku perpustakaan yang sebelumnya dipinjam, maka tidak diijinkan meminjam kembali sampai buku yang dipinjam sebelumnya dikembalikan.

Apabila terjadi keterlambatan pengembalian buku, bagian perpustakaan menetapkan denda sebesar Rp 1.000,-/hari.

Apabila terjadi kehilangan pada buku perpustakaan maka siswa diharuskan mengganti  buku tersebut dengan buku yang sama ataupun membayar sebesar  harga buku tersebut ditambah dengan biaya handling fee yang besarnya akan ditentukan kemudian. Form penggantian akan ditandatangani oleh orangtua dan bagian perpustakaan dan disertai dengan kuitansi.

Sumbangan Buku

Untuk mendukung program ”Reading & Writing” di sekolah, kami menghimbau orang tua untuk menyumbangkan buku cerita atau buku ensiklopedia (bukan majalah) ke sekolah. Sumbangan buku dapat dilakukan kapanpun dan minimal setiap siswa menyumbang 2 buku dalam satu semester.

Upacara Bendera

Upacara bendera dilakukan setiap  1 minggu sekali di hari Senin.  Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat menghargai jasa para pahlawan bangsa, sejarah Bangsa Indonesia dan Cinta Tanah Air.

Upacara dilakukan tepat pada pukul 07.30. Bagi orangtua  dan pengantar diharapkan dapat mengantarkan siswa sebelum waktu tersebut. Jika  orangtua atau pengantar datang pada saat pelaksanaan upacara bendera masih berlangsung, diharapkan siswa dapat langsung ikut bergabung  mengikuti upacara bendera dengan berbaris di luar kelompok kelasnya.

Peringatan Hari Besar Nasional

GKS ikut memeriahkan peringatan hari-hari besar nasional, dengan mengadakan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, talk show, workshop, dan perlombaan-perlombaan.  Hari-hari besar yang diperingati adalah Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Kesaktian Pancasila, Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, Hari Ibu, dll.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan diikuti oleh siswa, guru dan orang tua murid. Khusus peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, diadakan berbagai macam lomba yang seperti tarik tambang, makan kerupuk, bakiak, dan lain-lain.

 

Menunggu di Sekolah

Sekolah berharap orang tua atau pengantar tidak menunggu di sekolah. Dan apabila akan menjemput dapat datang 10 – 15 menit sebelumnya. Sekolah minta pengantar atau penjemput untuk ikut melaksanakan peraturan tata tertib yang dikeluarkan sekolah agar tercipta kondisi belajar mengajar yang nyaman untuk setiap peserta didik.

Pencarian Dana

Pencarian dana (seperti berjualan makanan dan kegiatan lainnya) harus terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada Kepala Sekolah. Di dalam permohonan tersebut harus dicantumkan rincian rencana yang akan dilakukan termasuk tanggal pelaksanaan, jumlah perolehan uang, keterlibatan siswa, dan pihak yang akan menerima dana tersebut.

Junk Materials

Sekolah selalu memerlukan barang-barang  yang sudah tidak layak pakai lagi. Apabila diantara orangtua ingin menyumbangkan barang-barang tersebut dapat mengirimkannya ke sekolah melalui guru kelas. Hal ini dilakukan pada saat ada permintaan dari guru. Barang-barang tersebut meliputi :

  • Botol dan kaleng bekas
  • Plastik  tempat telur
  • Keranjang parsel
  • Kain Perca
  • Majalah bekas
  • Kardus gulungan tissue
  • Kerang
  • Kalender
  • Tutup botol minuman
  • Koran bekas
  • Lain-lain
Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?
Powered by