fakta menarik negara belanda
6 Fakta Unik dari Negara Belanda
March 28, 2021
Inilah Ide Ucapan Ramadhan Terbaru di Tahun 2021
Inilah Ide Ucapan Ramadhan Terbaru di Tahun 2021
April 14, 2021

Proses Pembuatan Celana Jeans Yang Wajib Anda Ketahui

Proses Pembuatan Celana Jeans Yang Wajib Anda Ketahui

Jeans berbahan dasar dari kapas yang diolah secara modern sampai menciptakan jeans bermutu, kokoh dan tahan lama. Gimana sih sesungguhnya proses pembuatan jeans? Ayo ikuti informasi di dasar ini.

Proses Pembuatan Celana Jeans

Pertama – tama pasti saja petani kapas wajib memanen kapas di ladang kapas mereka. Bila petani memanen kapas dengan memakai tangan dalam satu hari mereka bisa memanen sampai 50kg kapas.

Berkat kecanggihan teknologi, saat ini dengan memakai mesin petani dapat memanen sampai 500 kg dalam waktu seminggu. Tetapi dari 500kg itu kapas masih wajib dibersihkan dari dedaunan dan sampah yang lain. Buat mempermudah pembelahan kapas dan sampah yang lain, mereka memakai mesin yang lain. Sehabis dibersihkan dan diaduk  – aduk, kapas juga mulai dibangun jadi benang dini.

Sehabis benang jadi, setelah itu desainer membuat pola dengan metode menggambar wujud pola bersumber pada pengukuran( dari ilustrasi) yang disediakan oleh desainer jeans. Dibutuhkan dekat 15 potongan kain bahan denim/ jeans buat bisa membentuk pola standar buat sejoli jeans standar yang mempunyai 5 saku/ kantong celana.

Setelah itu menghitung konsumsi kain maksimal dengan menyusun seluruh potongan pola kain denim/ jeans pada kertas yang ditempatkan di atas kain denim baik dengan manual( digambar) ataudengan program pc.

Sehabis menggambar garis potong pada kertas, potongan kain denim diletakkan di atas meja pemotongan. Saat dipotong, kain denim tersebut dapat hingga 100 lapis tumpukan dan pemberat diletakkan di atasnya buat menopang kain denim tersebut pada tempatnya.

Berikutnya, bagian  – bagian terpisah dari jeans yang sudah dipotong dengan mesin pemotong tekstil setelah itu diisyarati dengan tiap  – tiap ukurannya dengan memakai kapur supaya bisa lenyap sehabis dicuci. Seluruh potongan  – potongan dari denim dipotong setelah itu dimasukkan ke dalam bundel bersumber pada ukurannya.

Buat membuat sejoli jeans diperlukan dekat 1, 6 m kain denim, sebagian ratus m benang jahit, 6 paku keling, 1 atau5 kancing jeans, 4 label (umumnya kulit imitasi), dan ritsleting( opsional). Suatu pabrik jeans rata  – rata bisa membuat dekat 2. 500 jeans per hari. Disitu ada mesin  – mesin yang berbeda buat tiap  – tiap pekerjaan.

Rata – rata buat membuat satu jeans biru, akan memakan waktu dekat 15 menit dengan 12 sesi pembuatan. Sehabis dijahit, jeans/ denim dibawa ke tempat yang disebut“ pabrik pencuci”. Suatu“ mesin mencuci” yang akan digunakan buat cuci 150 jeans memerlukan dekat 150 kilogram batu apung dan lebih dari 750 liter air bergantung gimana tingkatan kepudaran yang di idamkan. Jeans/denim tersebut akan dicuci antara 30 menit hingga dengan 6 jam.

Terakhir, jeans yang sejenis diberi “hang tag”,“joker ticket”,“pocket flasher”,“leg sticker” di dalam label dengan produk asal dan ID tag produk. Saat semuanya sudah berakhir dicoba, jeans akan ditempatkan dalam polybag dengan bacaan peringatan yang pas dan dikemas dalam kotak atautas, bergantung pada negeri tujuan pengiriman, sebab sebagian negeri atau wilayah mempunyai peraturan kemasan yang lebih ketat daripada yang lain.

Sejarah Celana Jeans

Kerapkali sebutan “jeans” mengacu pada style dengan panjang tertentu, yang disebut” blue jeans”, yang ditemui oleh Jacob W. Davis dalam kemitraan dengan Levi Strauss. pada tahun 1871 dan dipatenkan oleh Jacob W. Davis dan Levi Strauss pada 20 Mei 1873.

Saat sebelum Levi Strauss mematenkan celana panjang, sebutan “blue jeans” sudah lama digunakan buat seperti baju, terbuat dari denim bercorak biru. “Jeans” juga merujuk pada tipe kain kuat (memiliki) yang umumnya terbuat dengan lungsin kapas dan benang wol (pula diketahui sebagai” kain Virginia”).

Kain jeans dapat seluruhnya katun juga, mirip dengan denim. Awal mulanya dirancang buat koboi dan penambang, jeans modern jadi terkenal pada 1950  – an di golongan anak muda, paling utama anggota subkultur yang lebih ramah area.

Jeans merupakan benda fashion yang universal di subkultur hippie 1960  – an dan mereka terus jadi terkenal di subkultur pemuda 1970  – an dan 1980  – an punk rock dan heavy metal. Disaat ini, mereka merupakan salah satu tipe jeans yang sangat terkenal, paling utama dalam budaya Barat. Merek  – merek memiliki tercantum Levis, Lee, dan Wrangler.

Demikianlah informasi terkait Sejarah Celana Jeans. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yah.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?