Tips Memilih Sekolah Khusus Autis, Jangan Sampai Salah
5 Tips Memilih Sekolah Khusus Autis, Jangan Sampai Salah
June 25, 2021
Tips WFH Untuk Ibu Agar Pekerjaan Kantor dan Rumah Tetap Seimbang
5 Tips WFH Untuk Ibu Agar Pekerjaan Kantor dan Rumah Tetap Seimbang
June 29, 2021

Sejarah Piala Eropa, Jadi Pertandingan Paling Bergengsi di Dunia

Sejarah Piala Eropa, Jadi Pertandingan Paling Bergengsi di Dunia

Piala Eropa 2021 salah satu turnamen sepak bolak di Negara-negara Eropa yang paling bergengsi. Piala Eropa atau Euro 2020 itu sendiri sudah digelar pada tanggal 11 Juni dan dipastikan berakhir pada 11 Juli. Tentunya bagi penggemar sepak bola sangat antusias buat melihat keseruan dalam pertandingan tersebut bukan.

Sebenarnya, pertandingan tersebut akan digelar pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020 tahun lalu. Tetapi karena adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, membuat pertandingan bergengsi tersebut harus diundur di tahun ini. Walaupun digelar di tahun 2021, tetapi tetap masih menggunakan nama Euro 2020 dimana merupakan edisi ke-16 dari turnamen bersangkutan.

Sejarah Piala Eropa yang Perlu Diketahui

Sejarah Piala Eropa, Jadi Pertandingan Paling Bergengsi di Dunia

Sebagai salah satu penggemar dunia sepak bola, Piala Eropa 2021 mesti menjadi salah satu pertandingan yang sudah sejak lama dinantikan bukan? keseruan masing-masing tim ketika dipertemukan memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tetapi sebagai penggila sepak bola, apakah anda telah mengetahui bagaimanakah sejarah dari pertandingan satu ini?

Ide buat menciptakan turnamen antar Negara di Eropa sendiri hadir oleh usulan sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Prancis atau FFF yakni Henri Delaunay di tahun 1927 silam. Namun, karena pada saat itu lahir Piala Dunia FIFA di Uruguay di tahun 1930, maka membuat ide tersebut tenggelam begitu saja.

Di tahun 1954, 3 negara yakni Perancis, Italia serta Belgia mempelopori pembentukan Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa atau UEFA. Saat itu, Henri sendiri menjadi wakil dari Perancis dan bertindak sebagai Sekretaris Jenderal. Namun ketika satu tahun menjabat posisi tersebut, ia meninggal. Tepatnya pada 9 November 1955.

Sebagai bentuk hormat terhadap jasa-jasa Delaunay itulah, di tahun 1957, UEFA sepakat buat menggelar turnamen sepak bola antar Negara di Eropa seperti ide yang pernah diucapkan oleh Delaunay. Hingga akhirnya mimpi mengenai kejuaraan tersebut menjadi nyata.

Turnamen itu sendiri diberi nama European Nations’ Cup atau dengan nama resmi dari Trofi yang diperebutkan yakni Henri Delaunay Trophy sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap sekretaris jenderal UEFA tersebut.

Edisi Pertama dari Piala Eropa

Edisi pertama dari turnamen tersebut menjadi bagian dari sejarah piala Eropa. Dimana terdapat 3 negara anggota UEFA yakni Inggris, Italia serta Jerman tidak mengambil bagian didalamnya. Adapun babak kualifikasi dimulai pada 28 September 1958 dimana diikuti oleh 17 negara. Adapun 17 negara tersebut saling berebut empat slot didalam putaran final.

Babak penyisihan sendiri memanfaatkan sistem gugur dua leg. Sedangkan, semifinal dan finalnya sendiri dilangsungkan di Negara Perancis. Berdasarkan babak itulah empat Negara akhirnya lolos ke semifinal yakni Cekoslowakia, Uni Soviet, Yugoslavia, dan Perancis. Di babak 4 besar itulah, Uni Soviet berhasil mengalahkan Cekoslowakia.

Serta Yugoslavia berhasil menumbangkan Perancis dengan perolehan skor cukup ketat yakni 5-4. Adapun puncak dari turnamen bergengsi tersebut menyajikan duel antara Uni Soviet menghadapi Yugoslavia. Dimana dimenangkan oleh Uni Soviet dengan total skor 2-1 melalui babak extra time. Gol kemenangan tersebut diperkuat oleh kiper Lev Yashin.

Dan Piala Eropa 2021 inipun digelar di beberapa kota di Eropa. Itu sebagai bentuk peringatan dari 60 tahun turnamen tersebut berlangsung. Beberapa Negara seperti Inggris, Azerbaijan, Italia, Jerman, Rusia, Belanda, Skotlandia dan masih banyak lagi menjadi tempat digelarnya acara besar tersebut.

Baca Juga : Menjelajahi Berbagai Macam Sumber Daya Alam Di Eropa

Salah satu pertandingan sepak bola cukup bergengsi di dunia adalah keberadaan piala Eropa. Sebagai salah satu penggemar sepak bola, anda wajib mengetahui bagaimanakah sejarah piala Eropa yang merupakan ide dari Henri Delaunay.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?