Sistem Pendukung

Administrasi Sekolah

Terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu keuangan, personalia, umum, hubungan eksternal dan  informasi serta bagian resources. Bagian keuangan berkepentingan dalam menangani pembayaran secara keseluruhan. Bagian personalia bekerjasama dengan manajemen sekolah dalam melakukan proses penerimaan guru dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan karyawan Sekolah GKS. Bagian hubungan eksternal berkepentingan dalam menangani katering  dan antar jemput siswa. Bagi orangtua yang ingin menanyakan informasi sekolah, menitipkan pesan kepada siswa atau kepentingan lainnya, dapat menyampaikannya ke bagian informasi (Administrasi) dan akan dilanjutkan ke bagian yang berkepentingan.

Administrasi sekolah buka pada hari Senin-Jum’at, mulai pukul 07.30 – 15.00 WIB

Transportasi (antar-jemput)

Sekolah menyediakan jasa antar jemput bagi siswa yang memerlukan. Orangtua dapat menghubungi  pihak sekolah untuk mendaftarkan anaknya untuk bergabung dalam  program antar jemput.

Bagi siswa pengguna antar jemput, sekolah sangat mengharapkan orang tua siswa membuat informasi tertulis atau langsung memberitahu ke sekolah melalui telepon apabila ingin memberi ijin bagi putra/inya ke rumah teman atau ke tempat lain.

Bagi siswa yang datang dan dijemput dengan mobil pribadi, sekolah akan memberikan kartu penjemputan yang sudah diberi cap sekolah dan harus diperlihatkan oleh penjemput pada saat kepulangan siswa. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Apabila penjemput lupa membawa kartu tersebut, maka sekolah akan memintanya untuk menunggu, dan pihak kami menghubungi orang tua. Bagian antar jemput juga membuat tata tertib yang harus diketahui dan dilaksanakan siswa selama dalam perjalanan. Tata tertib dan peraturan mengenai antar jemput diberikan pada setiap peserta untuk dilaksanakan sebaik-baiknya.

Pesawat Telepon

Sekolah hanya mengijinkan untuk pemakaian telepon di kantor administrasi bagi siswa yang mempunyai kepentingan mendesak. Apabila informasi penting yang mendadak, sekolah bekerjasama dengan koordinator kelas untuk turut membantu menyebarkan informasi melalui perwakilan orangtua masing-masing kelas.

Lost and Found Box

Barang-barang yang ditemukan dilingkungan sekolah, jika tidak memiliki identitas, akan disimpan di lost and found box. Apabila siswa merasa kehilangan/tertinggal barang miliknya di Sekolah, dapat mengeceknya langsung ke kotak tersebut. Kotak tersebut terdapat di dekat kelas masing-masing dan di dekat administrasi. Untuk memudahkan dalam pencarian dan menghindari kehilangan, sebaiknya barang-barang milik siswa diberi identitas nama siswa dan kelasnya agar dapat diidentifikasi jika tertinggal sehingga dapat langsung dikembalikan atau untuk memudahkan pencarian.

Setiap akhir semester, barang-barang dalam lost and found box akan dipajang agar dapat diidentifikasi oleh orang tua. Jika pada akhir tahun ajaran barang-barang tersebut tidak diambil oleh pemiliknya maka barang tersebut akan disumbangkan. Untuk pakaian seragam yang tertinggal namun tidak diambil sampai batas waktu yang sudah ditentukan, maka seragam tersebut akan disimpan di stock room setelah dicuci terlebih dahulu. Pakaian itu menjadi pakaian ganti jika ada siswa yang pakaiannya kotor atau basah.

Makan Siang

Makan siang diselenggarakan di sekolah. Siswa dapat mengikuti katering dari sekolah ataupun membawa bekal makan siang sendiri dari rumah.  Menu untuk setiap bulannya akan diberikan pada awal bulan sehingga orangtua mengetahui menu untuk setiap harinya. Kami menyarankan kepada orangtua untuk menghindari pemberian mie instant dan pemakaian MSG pada bekal makanan siswa. Selain itu kami juga melarang siswa untuk membawa minuman bersoda.

Kerjasama dengan Orangtua

Morning Tea Meeting

Morning Tea Meeting dilaksanakan setiap awal Tahun Ajaran baru khususnya bagi orang tua siswa baru dan orang tua siswa lama. Kegiatan ini diadakan untuk memberikan informasi mengenai VISI dan MISI sekolah serta menjelaskan program dan kurikulum GKS selama satu tahun ajaran. Membahas peraturan sekolah, peraturan kelas, kebijakan tentang PR, kebijakan tentang kedisiplinan dan kesempatan bagi para orangtua untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.Seluruh orang tua siswa wajib datang dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dengan sekolah sebagai bekal untuk bekerjasama dengan pihak sekolah dan guru dalam mendidik dan mengembangkan putra/putrinya.

Parent Teacher Conference (PTC)

PTC diadakan setiap awal semester. Adapun tujuan dari PTC adalah agar orang tua dapat berdiskusi dengan guru untuk membicarakan kegiatan belajar mengajar siswa di kelas maupun diluar kelas selama 1 semester serta membahas kemajuan siswa dan program khusus setiap awal semester 2. Di luar kesempatan tersebut, orang tua dapat berdiskusi dengan guru yang terlebih dahulu membuat perjanjian.

Menghubungi Guru

Orangtua diperbolehkan menghubungi guru untuk bertanya mengenai informasi sekolah maupun program pembelajaran yang berkaitan dengan siswa sesuai waktu yang telah ditentukan.  Waktu menghubungi guru selama jam sekolah adalah pada saat di atas jam 2 atau setelah siswa pulang sekolah. Tidak diperkenankan orangtua menelepon guru pada saat pelajaran berlangsung, baik melalui operator sekolah  maupun melalui handphone. Jika ada pesan penting yang ingin disampaikan ke guru selama pelajaran berlangsung, orang tua dapat menitip pesan ke operator /Staf Admin.

Jalur Komunikasi untuk mengatasi masalah di sekolah

Sekolah menyediakan jalur komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah. Jika orang tua ingin menyampaikan permasalahan yang berhubungan dengan keadaan siswa disekolah, maka orang tua dapat langsung bertemu denga guru kelasnya. Apabila penyampaian permasalahan melalui guru kelas belum optimal, orang tua dapat menghubungi kordinator guru. Setelah bertemu koordinator guru, tetapi belum mendapatkan solusi yang tepat, maka setelah itu orang tua dapat bertemu dengan kepala sekolah. Jika permasalahannya di bagian administrasi, maka orang tua dapat langsung bertemu dengan staff administrasi sekolah.

Jika orang tua mempunyai keluhan terhadap sekolah, maka dapat langsung dikomunikasikan ke pihak yang bersangkutan dan menyelesaikannya secara baik.

Sekolah akan memberikan segala informasi ke orang tua dengan cara mengundang koordinator kelas untuk melaksanakan pertemuan untuk berdiskusi. Setelah pertemuan selesai, Koordinator kelas bertugas untuk menyampaikannya informasi tersebut ke seluruh orang tua siswa di kelasnya.

GKS News

GKS News akan terbit sebulan sekali setiap awal bulan berikutnya dan akan dikirim ke orang tua siswa melalui email. Dari Global Kids news  orangtua dapat mengetahui kegiatan siswa di  sekolah dan berbagai informasi penunjang lainnya. GKS news juga sangat penting sebagai media komunikasi antara orangtua dan sekolah.

Komunikasi Elektronik

Sekolah akan mengirimkan berbagai informasi sekolah melalui email dan Whats App (WA) atau sms. Orang tua wajib memberikan alamat email, no HP untuk WA. Hal ini dilakukan untuk menjaga komunikasi efektif dan efisien antara pihak sekolah dan orang tua. Selain itu juga mendukung GKS untuk program GO GREEN, mengurangi pemakaian kertas guna menjaga lingkungan.

Kunjungan Orangtua

Sekolah dengan senang hati membuka pintu bagi mereka yang ingin melihat apa saja yang sedang dipelajari  siswa di kelas, atau untuk berdiskusi dengan guru mengenai perkembangan siswa dengan membuat perjanjian terlebih dahulu dengan guru yang bersangkutan.

Marketing

Banyak orang tua yang turut memasarkan sekolah kepada kenalan maupun siswa saudara dan kerabat. Dalam hal ini sekolah sangat berterimakasih atas itu dan sekolah mendukung program-program marketing yang diadakan oleh para orang tua.

Kesempatan untuk membantu sekolah (Volunteer)

Sekolah mendorong para orang tua untuk terlibat dalam kehidupan sekolah sepanjang sesuai dengan waktu luang mereka. Sekolah sangat berterima kasih apabila para orang tua dapat terlibat akt dalam acara kelas maupun acara khusus seperti santunan siswa yatim dan fakir miskin, pekan buku/book week, science fair, environment week, pementasan, dan banyak acara lainnya.

Bentuk keterlibatannya bisa dengan berperan sebagai nara sumber pada topik pelajaran tertentu, misalnya orangtua yang berprofesi sebagai dokter dapat menjadi nara sumber pada saat pembahasan topik kesehatan atau acara science fair, orang tua yang bekerja di perminyakan dapat menjadi nara sumber dalam kelas yang sedang belajar tentang pengeboran minyak.

Orang tua juga dapat membaca cerita pada acara book week atau memasak masakan tradisional pada acara cultural week. Sekolah juga akan sangat berterima kasih apabila orangtua dapat menghubungkan dengan perusahaan yang dapat menjadi sponsor pada event sekolah atau apabila orangtua menginformasikan pada sekolah tentang buku-buku yang bagus yang dapat dibeli oleh sekolah.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?
Powered by