Toleransi anak
5 Cara Meningkatkan Sikap Toleransi Pada Anak
February 15, 2021
belajar online di rumah
Belajar Online di Rumah Rawan Serangan Siber
February 26, 2021

Ternyata Ini Lah 5 Penyebab Kenakalan Remaja

Penyebab Kenakalan Remaja

Fase saat remaja merupakan titik dimana hampir baik anak laki-laki maupun perempuan mencari jati diri lebih jauh terkait berbagai aspek. Namun, terkadang permasalahan paling banyak dialami masyarakat sekarang juga berasal dari anak dalam usia remaja atau belasan tahun ini karena berbagai hal. Itulah sebabnya penyebab kenakalan remaja harus diketahui betul supaya bisa mengatasi segala masalah dimana berhubungan dengan hal ini.

Sebagai dasar saja, seseorang dikatakan berada pada rentan umur di bawah 18 tahun merupakan usia remaja seharusnya produktif. Bila tidak segera dicegah, tentu akan berdampak buruk untuk setiap generasi selanjutnya dan pastikan untuk segera melakukan pencegah hal satu ini. Mengenali faktor dalam atau luar menjadi suatu hal terbaik supaya bisa menangani dan mencegah dengan cara terbaik.

 

Faktor Utama Kenakalan Remaja Terjadi

Untuk menemukan alasan mengapa seorang remaja bisa memberontak sehingga menyebabkan kenakalan ada sebagai berikut :

1. Keluarga

Namanya seorang anak remaja, tentu bagian awal dan paling penting adalah keberadaan dari kondisi keluarga bisa dikatakan kondusif atau tidak. Biasanya untuk hal ini dipicu akan pola asuh kurang baik dan menyebabkan berbagai dampak negatif. Mulai dari kurang perhatian, kasih sayang, dan bimbingan tepat pada orang tuanya. Akibatnya tentu saja harus diperhatikan secara tepat akan dampak tersebut dimana memicu kenakalan remaja.

2. Sekolah

Rumah kedua biasa dikatakan, bahwa sekolah memang salah satu faktor utama juga terkait segi pergaulan sebenarnya. Paling banyak memicu hal tersebut biasanya karena lingkungan anak terdapat kelompok dengan tujuan kriminal atau negatif. Makanya, sebagian besar remaja itu akan menjadi sangat mudah terpengaruh serta melakukan berbagai hal membahayakan.

3. Lingkungan tinggal

Pendukung lain dimana remaja menjadi kurang terkendali untuk melakukan kenakalan sebenarnya memang berasal dari lingkungan tinggalnya juga. Bukan tanpa alasan, sebagian besar memang akibat pergaulan dekat dengan lingkungan kondisi memudahkan dalam mengajak melakukan kriminalitas. Apalagi, bila terjadi cukup sering hal seperti kasus narkoba, minuman keras, dll. pada tempat tersebut.

4. Kondisi remaja

Selain dari beberapa hal sebelumnya, nampaknya memang ada sebagian remaja dimana memang memiliki kondisi untuk berbuat kenakalan. Belum lagi seperti ekonomi buruk, pendidikan rendah, dan merasa diasingkan dari masyarakat bisa dirasakan tentunya. Terutama bagi remaja dengan kondisi psikologi tidak baik harus mengetahui betul akan kemungkinan melakukan kenakalan ini kemudian hari.

Adanya beberapa faktor ini, tentu harus lebih baik dari dukungan lain karena akibat pada kenakalan remaja sangat besar bagi siapa saja. Bila belum tahu, sebenarnya ada cukup banyak cara untuk bisa mencegah atau mengurangi terkait masalah ini. Mengetahui segala hal seputar pencegahan dan penanganan adalah hal terbaik demi kebaikan masa depan para remaja juga nantinya.

 

Langkah Mencegah Kenakalan Remaja Terjadi

Berikut ini sebuah langkah terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan diakibatkan oleh kenakalan remaja kapan saja :

1. Memberikan perhatian dan ajaran

Sebagai bagian dasar, tentu mendapatkan perhatian menjadi suatu hal baik bagi anak dengan diberikan juga perhatian dari orang tua serta lembaga pengajaran. Perhatian sendiri menunjukkan bahwa setiap ajaran yang diberikan bisa diterapkan secara baik untuk kebaikan anak nantinya. Ajaran akan akhlak dan moral menjadi suatu hal wajib untuk memastikan bahwa anak remaja membedakan sisi negatif atau positif.

2. Jaga hubungan

Selain memberi perhatian, sisi komunikasi juga sangatlah penting dan seringkali kurang diperhatikan oleh orang tua terutama. Mulai dari mendengarkan keluhan dan cerita anak remaja dengan dibarengi pemberian solusi menjadi suatu proses untuk menjaga hubungan lebih baik. Tentu ini juga menjamin kenyamanan para remaja dalam mencurahkan isi hati sehingga anak lebih nyaman saat berkomunikasi.

3. Dampingi pembangunan karakter

Karena ini berhubungan dengan hal bernama karakter, baik orang tua atau lembaga sekolah harus tetap memberikan hal seputar membangun bagian tersebut. Memberikan pengaruh untuk bisa membangun dari segi karakter akan memudahkan remaja lebih berekspresi secara positif. Dengan begitu, mengerti akan dunia kenakalan bisa tercegah dengan baik melalui proses menyalurkan hal produktif sebagai remaja.

 

Itulah berbagai hal akan cara mengatasi kenakalan remaja, pastikan bahwa sebagai orang tua juga memasukkan anaknya ke sekolah terbaik sedari dini. Bila sejak kecil dimasukkan ke dalam sekolah seperti Global Kids School, tentu karakter akan diajarkan dengan baik. Untuk mengerti lebih dalam bisa dengan akses situs gks.sch.id untuk memahami setiap hal di dalam sekolah ini tentunya.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?