5 Tips Membangun Perilaku dan Karakter Positif Pada Anak Sejak Dini
5 Tips Membangun Perilaku dan Karakter Positif Pada Anak Sejak Dini
May 21, 2021
Selain Kurang Tidur, Hal Ini Juga Bisa Memunculkan Mata Panda
Selain Kurang Tidur, 4 Hal Ini Juga Bisa Memunculkan Mata Panda
May 28, 2021

Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap

Ternyata Inilah 3 Alasan Air Mata Keluar Saat Menguap 1

Menguap adalah sesuatu yang sangat wajar terjadi. Biasanya kita akan menguap ketika mengantuk atau merasa bosan. Akan tetapi, ada satu hal menarik mengenai fenomena menguap ini, yakni biasanya mata akan berair. Padahal, air mata yang keluar lebih identik dengan menangis atau bersedih. Ternyata ada beberapa alasan kenapa air mata keluar saat menguap.

Mengapa Kita Menguap?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kenapa air mata bisa keluar, pertama akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai mengapa kita bisa menguap. Sampai saat ini belum ada yang menyebutkan penyebab pasti dari menguap. Namun, banyak yang beranggapan bahwa menguap akan terjadi ketika tubuh merasa mengantuk, kelelahan, atau bosan.
Baca Juga : 5 Hal Menarik Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar Online

Ketika mengalami ketiga hal tersebut, pernapasan akan menjadi lebih lambat dan tubuh akan menghirup oksigen lebih lambat. Untuk menjaga agar asupan oksigen terpenuhi, secara otomatis tubuh akan memberikan sinyal untuk menguap agar oksigen yang masuk bisa lebih banyak sehingga fungsi organ dalam tubuh bisa berjalan dengan normal.

Ada anggapan lain yang mengatakan menguap bertujuan untuk meregangkan paru-paru dan organ di sekitarnya. Peregangan ini diharapkan dapat membuat otot dan sendi menjadi lemas, detak jantung meningkat, dan aliran darah menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, biasanya setelah menguap tubuh akan menjadi lebih siaga.

Penyebab Mata Berair Ketika Menguap

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa penyebab kenapa mata akan berair ketika seseorang menguap. Apa saja penyebab tersebut? Simak pembahasan berikut ini.

1. Adanya tekanan pada wajah

Penyebab yang pertama kenapa mata berair ketika menguap adalah adanya tekanan pada area wajah. Ketika menguap, otot-otot wajah akan berkontraksi, termasuk otot sekitar mata. Hal ini akan memberikan tekanan pada kelenjar yang bertugas menghasilkan air pada mata. Apabila seseorang memiliki gejala mata berair, maka kemungkinan ia akan lebih mudah menangis ketika menguap.

2. Adanya pendinginan otak

Selanjutnya, mata yang berair ketika menguap juga bisa disebabkan karena adanya pendinginan otak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, para peneliti masih belum mendapatkan jawaban yang pasti alasan seseorang menguap dan mengeluarkan air pada mata. Salah satu hipotesis yang dikeluarkan adalah menguap berfungsi mendinginkan suhu otak.

3. Fenomena mata kering

Terakhir, sangat mungkin mata seseorang akan berair ketika menguap karena memiliki masalah mata kering. Mata kering dapat terjadi ketika mata tidak menghasilkan pelumas yang berkualitas untuk melindungi mata dari benda-benda asing atau menjaga kelembapan. Peristiwa ini dapat mendorong produksi air pada mata yang berlebihan, khususnya ketika menguap.

Tidak Semua Orang Mengalami Mata Berair Saat Menguap

Meskipun kelihatannya wajar, namun sebenarnya tidak semua orang mengalami kasus mata berair ketika menguap. Apabila seseorang memang tidak terlalu banyak memproduksi pelumas pada mata, maka kemungkinan besar ia tidak akan mengalami mata berair saat menguap. Belum ada penelitian yang mengatakan penyebab pasti tentang peristiwa ini. Namun, faktor kondisi fisik dan lingkungan dianggap memiliki pengaruh yang cukup besar.

Wajarkah Jika Mata Berair Saat Menguap?

 

Jika Anda mengalami fenomena ini, jangan terlalu khawatir karena kejadian ini normal terjadi. Selama tidak ada gejala-gejala tambahan seperti mata merah atau gatal, sepertinya tidak ada hal yang perlu ditakuti. Namun, jika gejala tersebut muncul, sebaiknya segera konsultasi kepada dokter untuk memastikan tidak ada hal buruk yang terjadi.

Itulah beberapa alasan kenapa air mata akan keluar saat menguap. Bisa dikatakan semua itu sangat wajar terjadi dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?