Pendidikan-di-Venezuela-di-Tengah-Krisis-Ekonomi
Mengintip 4 Kesulitan Pendidikan di Venezuela di Tengah Krisis Ekonomi
November 18, 2020

5 Tips Menghadapi Orang Tua yang Memaksa Masuk ke Jurusan yang Tidak Kita Inginkan

Masuk ke Jurusan yang Tidak Kita Inginkan

Tidak semua orang tua mau menuruti kemauan anaknya tanpa syarat. Kebanyakan dari mereka suka mengatur, apalagi jika kalian berhadapan dengan orang tua jenis helikopter (orang tua yang memiliki kecenderungan untuk mengatur dan mengawasi kehidupan anaknya), dimana kondisi seperti itu dapat membuat anak lebih banyak diatur dan susah memahami kemauan kita sebagai anak yang menginginkan sesuatu yang tidak satu pendapat dengan mereka.

 

Pada kasus pemilihan jurusan, orang tua akan selalu ikut campur, parahnya lagi memaksa kita masuk ke jurusan yang tidak kita inginkan.

Lalu apa sebaiknya kita lakukan untuk mengatasi permasalahan ini?

 

Cara Mengatasi Orang Tua yang Memaksa Kita Masuk ke Jurusan Tertentu

 

Survei pada 2017 yang dilakukan oleh Indonesia Career Center Network (ICCN) menunjukkan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa Indonesia mengakui jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minatnya. Salah mengambil jurusan dapat membuat mahasiswa tidak semangat menyelesaikan program pendidikannya, tidak tepat waktu, dan kurang maksimal dalam memberikan yang terbaik.

 

Untuk itu, bila menurut kalian jurusan yang orang tua pilihkan tidak tepat, lakukan hal-hal berikut supaya Anda merasa tidak salah jurusan:

 

  1. Cobalah untuk Ikut Berempati

 

Kehidupan Anda memang sudah cukup dewasa untuk terus mengikuti pendapat orang tua Anda. Tapi sebelum itu, cobalah berempati. Mereka mungkin merasakan perasaan yang sama dengan kalian, stress, sedih, bingung, khawatir, takut, dan lain-lain.

Lagipula setiap kita akan masuk ke kampus dan memilih jurusan selalu melibatkan orang tua. Jadi saling pengertian dulu sebelum kalian sama-sama ingin dipahami keinginannya.

 

“Libatkan orangtua, dengarkan mereka, tapi jangan lepas tangan karena kamu lah yang bertanggung jawab untuk menjalani studimu.”

 

  1. Memahami Prodi/Jurusan yang akan diambil

 

Buat orang tua percaya dengan memperlihatkan keseriusan Anda dengan Prodi yang akan kalian ambil. Buktikan dengan apa saja yang Anda pahami dari jurusan yang mau Anda ambil tersebut supaya terkesan Anda tidak coba-coba. Pasalnya memilih jurusan adalah langkah awal sebelum kalian menghabiskan waktu bertahun-tahun menempuh pendidikan sarjana.

 

  1. Mengetahui Peluang Karier dari Jurusan yang Kalian Ambil

 

Orang tua mengatur Anda, karena mereka menginginkan yang terbaik untuk anaknya di masa depan. ‘Terbaik’ adalah sukses, mereka ingin kalian sukses. Jadi ungkapkanlah, apa saja peluang karir yang bisa Anda dapatkan jika masuk ke dalam jurusan itu.

 

Contohnya seperti, Anda berencana mengambil jurusan Aktuaria. Peluang kerjanya menjadi Aktuaris; Pemeriksa Klaim dan Asuransi Properti; Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi; Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan; Agen Penjualan Asuransi; dan Surveyor Risiko Asuransi. Yang mana gajinya bukan main besarnya, serta banyak peluang karena peminatnya masih sedikit.

 

  1. Tunjukkan Sifat Mandiri dan Tanggung Jawab Anda

 

Berikutnya, tunjukkan sifat mandiri Anda. Kalian bisa menyelesaikan prodi itu dengan nilai bagus, hasil maksimal, dan bila kalian sanggup, biayai kuliah Anda sendiri supaya orang tua tak banyak pikiran.

Setelah itu tinggal tanggung jawab atas semua pilihan Anda. Di sini Anda harus tegas, tidak boleh ragu sedikitpun.

 

  1. Ketahui Apa yang Sebenarnya Orang Tua Takutkan

 

Agar masalahnya selesai tuntas, cari tahu apa sebenarnya ketakutan orang tua Anda sehingga harus memaksa kalian masuk dalam jurusan tersebut. Bila permasalahannya karena mereka tidak yakin dengan tekad Anda, maka cara meyakinkannya lebih mudah. Tapi bila masalahnya orang tua ingin Anda meneruskan jejak bisnis mereka, itu cukup susah. Jika masalahnya materi, semua pekerjaan pasti ada nilainya sendiri-sendiri. Jadi semuanya bisa dibicarakan dengan baik.

 

Jadi, langkah utama yang perlu kalian lakukan sekarang adalah mulai berbicara dengan orang tua Anda.

 

Sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/09/131315771/orangtua-paksa-masuk-jurusan-tertentu-hadapi-dengan-5-tips-ini?page=all#page2

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?