Quota Internet
Akhirnya Subsidi Quota Internet Dibuka Oleh Pemerintah
March 16, 2021
Negara Inggris Tertarik Mengirim Pelajarnya ke Indonesia
Angin Segar, Negara Inggris Tertarik Mengirim Pelajarnya ke Indonesia
March 22, 2021

Vaksinasi Guru Dibuka Akhir Februari, Ini Dia Syaratnya

Vaksinasi Guru

Ada kabar menggembirakan bagi dunia pendidikan tanah air. Pada akhir Februari tahun ini pemerintah mulai melakukan vaksinasi COVID-19 bagi para tenaga pendidik di Indonesia. Meskipun baru tahap awal, namun langkah ini patut diapresiasi dan diharapkan dengan adanya vaksinasi ini sekolah tatap muka akan segera dilakukan.

Syarat administratif agar bisa vaksinasi

Sebagaimana vaksinasi sebelumnya, para guru serta dosen yang akan melakukan vaksinasi ini juga diharuskan memenuhi persyaratan yang diajukan. Baik itu syarat administratif maupun kesehatan. Adapun syarat administratif yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. Peserta yang sudah terdaftar harus membawa identitas diri ke tempat vaksinasi yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat.
  2. Jika belum terdaftar secara resmi, peserta bisa melampirkan surat pernyataan resmi dari kepala satuan pendidikan lalu membawanya ke tempat vaksinasi.

Syarat kesehatan agar bisa vaksinasi

Untuk syarat kesehatan, sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup besar dibandingkan peserta lainnya. Namun, jika ingin tahu berikut deretan syarat yang harus dipenuhi oleh para guru dan dosen calon peserta vaksinasi Covid-19 baik tahap pertama maupun kedua.

  1. Sudah berusia di atas 18 tahun dan bagi lansia sudah memberikan persetujuan diberikan vaksin.
  2. Memiliki tekanan darah di bawah 180/110 mmHg.
  3. Bagi peserta yang pernah terinfeksi Covid-19, baru bisa di vaksin setelah 3 bulan dinyatakan sembuh.
  4. Ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengikuti vaksinasi ini. oleh sebab itu, disarankan untuk menunda program kehamilan sampai mendapat vaksinasi.
  5. Ibu menyusui diperbolehkan untuk divaksin.
  6. Sedikit catatan bagi penerima vaksin tahap pertama yang memiliki riwayat alergi cukup parah, pemberian vaksin untuk tahap selanjutnya harus dilakukan di rumah sakit. Sementara itu, bagi penerima vaksin tahap pertama yang menunjukkan reaksi alergi cukup parah maka tidak diperkenankan untuk ikut vaksinasi tahap kedua.
  7. Bagi penderita penyakit seperti asma, jantung koroner, PPOK, gangguan ginjal dan sebagainya maka vaksinasi bisa ditunda atau bahkan tidak diberikan. Bagi penderita penyakit berat diharapkan untuk membawa surat kelayakan dari dokter saat vaksinasi. Selain itu, penderita TBC juga bisa divaksinasi asalkan sudah menjalani pengobatan selama 2 minggu lebih.
  8. Bagi pasien kanker yang sedang menjalani terapi pengobatan, diharapkan untuk membawa surat kelayakan vaksinasi dari dokter yang merawatnya.
  9. Bagi peserta yang memiliki penyakit defisiensi imun, gangguan pembekuan darah, dan penerima transfusi darah secara rutin disarankan untuk konsultasi lebih dulu pada dokter yang merawatnya.

Berikut beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh tenaga pendidik untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap pertama. Bagi orang tua yang ingin mengetahui apakah tenaga pendidik di sekolah putra-putrinya sudah divaksin, disarankan untuk menghubungi sekolah tersebut. Beberapa sekolah seperti Global Kids School menyediakan fasilitas chatting gratis di situs resmi sekolah yaitu gks.sch.id.

Open chat
Hubungi Lewat Whatsapp
Halo
Bisa kami bantu seputar layanan pendidikan di GKS?